Kenalkan Vertikal Rescue, PMR SMAN 5 Tebo dan SMAN 11 Tebo Gelar Latgab

Suasana saat materi vertikal rescue pada Latgab PMR SMAN 5 Tebo dengan PMR SMAN 11 Tebo (Foto Slamet Setya Budi PMI Tebo)
CERITARELAWAN.ID, Tebo - Palang Merah Remaja (PMR) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Palang Merah Indonesia (PMI). Ekstrakulikuler yang lebih dikenal singkatan PMR merupakan organisasi kemanusiaan ditingkat Sekolah, PMR Mula untuk tingkat SD Sederajat, PMR Madya untuk tingkat SMP Sederajat dan PMR Wira untuk tingkat SMA Sederajat.

PMR selain menerapkan 7 Prinsip Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, mereka juga diharapkan mampu menjalankan Tribakti PMR.

Lalu apa saja Tribakti PMR?

Satu, Meningkatkan keterampilan hidup sehat. Dua, Berkarya dan berbakti di masyarakat. Ketiga, Mempererat persahabatan nasional dan internasional. Dalam rangka menjalankan Tribakti PMR yang ketika PMR Wira SMAN 5 Tebo bekerjasama dengan PMR Wira SMAN 11 Tebo melaksanakan kegiatan Latihan Gabungan di sela - sela jadwal rutinan latihan PMR .

"Latihan Gabungan untuk menjalin persahabatan dan menambah ilmu pengetahuan serta berbagi tentang ilmu Kepalangmerahan khususnya untu PMR Wira" tutur Adroi selaku Pembina PMR SMAN 5 Tebo

Sementara itu, SMAN 11 Tebo membagikan pengenalan materi yakni Vertical Rescue.

"Di SMAN 11 Tebo memiliki peralatan untuk Vertical Rescue, dan kita kenalkan untuk PMR Wira, agar pertolongan pertama di ketinggian mereka juga memahami, tentunya ini hanyalah dasar pengenalan. Semoga ini akan meningkatkan keaktifan PMR di Kabupaten Tebo" Imbuh Isman Hidayat, SP selaku Pembina PMR SMAN 11 Tebo

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Tebo Syamsu Rizal, SE., M.Si melalui Sekretaris PMI Kabupaten Tebo Slamet Setya Budi mengatakan bahwa sesuai pertemuan penyusunan Kurikulum PMR, materi PMR lebih ditekankan kepada Praktek dan hal yang inovatif.

"Pada pertemuan penyusunan kurikulum PMR sudah kita sepakati  bahwa perbanyak di praktek dan penerapan Tribakti PMR, Insya Allah kurikulum baku untuk acuan pembinaan PMR tahunan akan disebarluaskan mulai Minggu depan" pungkas Slamet Setya Budi (amin)