Latih Pertolongan Pertama, PMR SMPN 1 Ambal Praktek Pembalutan

PMR SMPN 1 Ambal saat praktek pembalutan pada praktek pertolongan pertama (Foto Pipiet PMI Kebumen)
CERITARELAWAN.ID, Kebumen - Usai pembelajaran semester genap aktif kembali, latihan ekstrakurikuler PMR kerap dilaksanakan kembali di sekolah.  

Untuk memberikan pembekalan dan untuk meminimalisir cidera Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Madya SMPN 1 Ambal, Kebumen belajar materi Pertolongan Pertama (PP) pada latihan rutin. Rabu, (16/02/2022)

Bertempat di halaman SMPN 1 Ambal, 60 orang anggota PMR antusias mengikuti materi secara teori mapun praktek pertolongan pertama penanganan luka cidera.

Siti Mutaliah Staf Bidang Pelayanan Kesehatan PMI Kabupaten Kebumen mengatakan, praktek pertolongan pertama dengan materi pembalutan menggunakan kain mitela 

"Adik adik PMR kita beri pembekalan bagaimana cara menangani luka di telapak tangan, kepala bagian belakang, dahi, dagu maupun jenis patah tulang. 

"Pembelajaran materi ini sangat penting untuk melihat salah satu tugas calon relawan PMI yang tergabung dalam PMR yaitu memberi pertolongan pertama". Ungkapnya

“PMR merupakan salah satu unit belajar bagi calon relawan PMI yaitu dengan belajar pertolongan pertama minimal bisa mengurangi cidera dan mempertahankan penderita dari rasa nyeri yang bertambah”. Tambahnya

Sementara itu, Ragil Sunaryo, S.Pd Pembina PMR SMPN 1 Ambal menambahkan, anggota PMR sangat antusias ikuti simulasi cara pembalutan pada pertolongan pertama.

“Dalam kondisi covid anak-anak tetap beraktifitas dengan pengawalan protokol kesehatan, kesempatan latihan kali kni anak-anak PMR tetap antusias belajar apalagi ini belajar praktek bagaimana cara memberi pertolongan” Ungkapnya

"Semoga dengan berlangsungnya rutinitas kegiatan latihan PMR diharapkan menjadi awal semangat juang untuk menjadi relawan yang sesungguhnya di masa yang akan datang". Pungkasnya (pipiet/amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url