Mau Terlibat di Misi Kemanusiaan? Yuk Daftar jadi Relawan PMI Jember

Kegiatan Diklat Relawan PMI Jember (Foto Humas PMI Jember)
CERITARELAWAN.ID, Jember - Masyarakat yang ingin turut serta dalam menjalani misi kemanusiaan bisa bergabung dalam Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Markas Kabupaten Jember membuka pendaftaran anggota baru. Kegiatan akan dilanjutkan dengan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (diklatsar) KSR. 

Untuk proses pendaftaran bagi yang berminat menjadi relawan PMI Jember bisa melalui link :  https://drive.google.com/file/d/1PG8AjpG8JV3nvfdC2q9BE10EgFqdeZbf/view?usp=drivesdk kemudian bisa dicetak dan diserahkan ke sekertariat KSR Markas. 

Diklatsar dilakukan untuk memberikan bekal pengetahuan mengenai PMI yang akan dilaksanakan dalam dua sesi yaitu diklat ruang yang akan di laksanakan pada 18-20 Maret 2022 dan simulasi lapang pada tanggal 25-27 Maret 2022 mendatang. 

Novita Arofah  ketua KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember mengatakan, syarat menjadi anggota KSR adalah WNI atau WNA yang sedang berdomisili di Indonesia, berusia minimal 18 tahun, berpendidikan minimal SLTP/sederajat, bersedia mengikuti pendidikan dan pelatihan, bersedia menjalankan tugas kepalangmerahan secara terorganisir dan mentaati peraturan yang berlaku. Setelah rekrutmen, calon anggota KSR akan mengikuti pelatihan sesuai kurikulum.


"Kurikulum yang digunakan merupakan kurikulum berdasarkan pedoman relawan adapun materi yang diberikan antara lain Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama, Fasilitasi PMR, Kebencanaan. “Harapan kami, para anggota baru relawan PMI menjadi anggota yang sigap dan berkompeten, serta diharapkan menjadi relawan yang siap mengabdi untuk kemanusiaan,”  ungkap Novita  

Menurut dia, Diklatsar relawan PMI dilakukan untuk meningkatkan kualitas dari layanan yang diberikan PMI Kabupaten Jember. “Mengingat  kepercayaan masyarakat terhadap PMI Kabupaten Jember terus meningkat," ujarnya. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH mengatakan, rekrutmen relawan hampir tiap tahun dilaksanakan untuk memperkuat relawan KSR. “Diklatsar dilaksanakan sebagai tindaklanjut dari rekrutmen relawan baru. Mereka akan dididik dan dilatih untuk menjadi relawan kemanusiaan yang professional,” imbuhnya. 

Pasalnya, sebagai relawan anggota KSR ada yang keluar masuk. “Relawan KSR ini benar-benar relawan kemanusiaan mereka menjadi relawan bertujuan untuk mengabdi kepada masyarakat,” ujarnya. 

Menurut dia,  PMI adalah lembaga sosial kemanusiaan yang netral dan mandiri, yang didirikan dengan tujuan untuk membantu meringankan penderitaan sesama manusia akibat bencana. Baik bencana alam, bencana non alam seperti pandemic COVID-19. “ Maupun bencana akibat ulah manusia, tanpa membedakan latar belakang korban yang ditolong,” ujarnya. (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "Mau Terlibat di Misi Kemanusiaan? Yuk Daftar jadi Relawan PMI Jember"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata