PMI Tetap Beri Pelayanan Pasca Masa TDB APG Semeru

Relawan PMI saat memberikan layanan air bersih dilokasi pembangunan huntara korban APG Semeru (Foto Mirtha Krisna)
CERITARELAWAN.ID, Lumajang - Masa tanggap darurat bencana (TDB) awan panas guguran Semeru Kabupaten Lumajang berakhir 24 desember 2021 namun Palang Merah Indonesia (PMI) tetap melakukan operasi kemanusiaan baik penyaluran bantuan maupun memberikan pelayanan kepada penyintas APG Semeru 

"Operasi tetap kami lanjutkan, meski masa TDB awan panas guguran sudah selesai. Bantuan pun secara bertahap masih kami kirim dan tetap mengerahkan personel dari PMI gabungan untuk memberikan berbagai pelayanan kepada para penyintas ". kata Kabid Pelayanan PMI Provinsi Jatim sekaligus korlap TDB APG Semeru Tahun 2021. Jum'at, (11/02/2022)

Andris mengungkapkan, sampai masa transisi saat ini PMI terus melakukan beberapa layanan antara lain, wash, pelayanan kesehatan, dapur umum dan lifelihood. Update 10 Februari 2022 sebagai berikut:

  1. WASH : 

    Total distribusi air bersih 1.020.170 liter dengan penerima manfaat 22.300 jiwa meliputi Kecamatan Candipuro (Desa Sumber Mujur, Jarit, Candipuro, Penanggal, Sumbermujur, dan SumberWuluh), Kecamatan Pronojiwo (Desa Supiturang, Pronojiwo). Total distribusi tandon air terdapat 70 unit dengan penerima manfaat 2800 jiwa dari Kecamatan Candipuro (Desa Sumber Mujur, Sumberejo, Sumberwuluh, Candipuro, Jarit, dan Penanggal). Promosi Kebersihan di Desa Penanggal (32 jiwa), Desa Sumber Wuluh (9 jiwa), dan Desa Supiturang (55 jiwa). Membersihkan akses jalan menuju lokasi terdampak terutama di RT.8/RW.3 di Kecamatan Candipuro, dan Membersihkan mushola terdampak di RT.10/RW.4 di Kecamatan Candipuro.
  2. PELAYANAN KESEHATAN: PMI memberikan pelayanan kepada 2.896 jiwa diKecamatan Candipuro dan Kecamatan Senduro dari 4 desa yaitu Desa Penanggal, Sumber Mujur, Sumber Wuluh, Candipuro, Jarit, Sarikemuning, Sumbermujur, dan Sumberwuluh.

  3. DAPUR UMUM : Jumlah makanan siap saji yang sudah didistribusikan oleh tim dapur umum sebanyak 736.050 bungkus dari 244 KK meliputi Kecamatan Candipuro (Desa Penanggal) dan Kecamatan Pronojiwo (Desa Supiturang). 

  4. LIVELIHOOD : PMI melakukan assessment terkait data mata pencaharian penduduk dengan menargetkan 1107 KK, mencakup 2 Desa dan 6 Dusun : yaitu Desa Sumberwuluh (Dusun Kebondeli Utara, Dusun Kamar Kajang, dan Dusun Kajar Kuning), Desa Supiturang (Dusun Curah Kobokkan, Dusun Sumbersari, dan Dusun Gumukmas).

Selain layanan tersebut PMI sebelumnya juga memberikan layanan assesment, evakuasi,  pendistribusian bantuan, PSP, dan shelter dengan sasaran dan penerima manfaat sebagai berikut :
 
  1. ASSESSMENT : PMI melakukan assessment di Kecamatan Candipuro (Desa Penanggal, Kelopo Sawit,  Tambah Rejo, Jarit, Candipuro). Kecamatan Pasrujambe (Desa Pagowan, Pasrujambe, Kertosari, Jambearum, Jambe Kumbu, Sukorejo). Kecamatan Senduro (Desa Pandansari, Sari Kemuning) Mencakup 1574 jiwa dari 495 KK dan Kecamatan Pronojiwo (Desa Supiturang, Dusun Gumukmas, Dusun Sumbersari, Dusun Umbulan)
  2. EVAKUASI: Dari keseluruhan 48 jenazah korban yang ditemukan, tim PMI membantu evakuasi 10 korban. Dengan lokasi Kecamatan Candipuro, Dusun Kajarkuning, Desa Sumberwuluh dan Kecamatan Pronojiwo, Dusun Curah Kobokan, Desa Supiturang. 

  3. DISTRIBUSI: Jumlah barang yang sudah didistribusikan sebanyak 7168 paket dengan penerima manfaat 7366 jiwa di Kecamatan Candipuro meliputi Desa Sumberwuluh, Desa Penanggal, Desa Sumber Mujur, Desa Candipuro, Desa Sumberejo, Desa Kelopo Sawit, Desa Tambah Rejo, Desa Sumberurip, dan Desa Jarit. Kecamatan Pronojiwo (Desa Supiturang), dan Kecamatan Pasrujambe meliputi Desa Pagowan, Desa Kertosari, dan Desa Pasrujambe.

  4. PSP: PMI Melakukan giat PSP dengan penerima manfaat 120 jiwa meliputi Kecamatan pronojiwo (Desa Supiturang, Pronojiwo, Oro-oro Ombo), Kecamatan Candipuro (Desa Candipuro dan penanggal). 

  5. SHELTER: Jumlah tenda 20 dengan penerima manfaat 324 jiwa dari 106 KK di Kecamatan Candipuro, Desa penanggal
"Operasi kemanusiaan terus kami lakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan dan akan terus berlanjut sampai masa pemulihan atau hingga kondisi berangsur normal," Tambahnya
 
“Semoga bantuan yang diberikan PMI dapat bermanfaat dan dapat membantu meringankan beban korban APG semeru yang ada di Kabupaten Lumajang”. Pungkasnya
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "PMI Tetap Beri Pelayanan Pasca Masa TDB APG Semeru"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata