Anggota Orari Lokal Ponorogo Ikuti Lomba Fox Hunting Se Indonesia

Anggota Orari saat ikuti Lomba Fox Hunting Se Indonesia (Foto Panut)
CERITARELAWAN.ID, Sleman - Sebanyak 92 anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) dari seluruh Indonesia 3 orang diantaranya anggota Orari Lokal Ponorogo yakni Agus wahyuono YC3AJO, Panut YG3DWB, Febri Weli Daini  YG3DVN mengikuti lomba fox hunting di kawasan Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Sabtu (12/3/2022). 

Lomba ini sebagai acara pendampingan Musyawarah Daerah (Musda) VIII Orari Daerah DIY.

Koordinator lomba fox hunting, Leonardus Susetyo Irianto mengatakan, dalam lomba ini peserta berlomba mencari 5 signal/pemancar yang disembunyikan oleh panitia di kawasan wisata Kaliurang. Waktu yang disediakan panita selama 3 jam.

Menurut Sastro, sapaan akrab Leonardus Susetyo Irianto, lomba dibagi dalam 3 kategori, yakni kategori peserta usia di bawah 50 tahun, di atas 50 tahun dan kategori perempuan (lady). 

"Penilaian pemenang adalah yang berhasil menemukan pemancar terbanyak dengan waktu tercepat". Ungkapnya

"Dalam mencari signal yang disembunyikan, peserta menggunakan antena dan peralatan elektronik buatan buatan sendiri". Terangnya

“Untuk lomba hari pertama bersifat perorangan, peserta berjalan kaki. Sedangkan hari kedua, lomba secara kelompok/tim dengan mengendarai mobil,” Jelasnya

Lebih lanjut dikatakan Sastro, tujuan lomba fox hunting selain untuk mempertemukan amatir radio di seluruh Indonesia, juga melatih ketrampilan amatir dalam mengamankan frekuensi ketika ada pengganggu. 

“Ketika ada pengganggu frekuensi para anggota Orari bisa langsung menemukan,” Tambahnya.

Ketua Panitia Musda VIII Orari DIY, Puji Gunawan Wibisono mengatakan, selain lomba fox hunting, juga diadakan lomba

eyesball QSO, di mana peserta mencari tanda tangan Ketua Umum Orari Pusat, Wakil Ketua Umum dan Ketua Orari Daerah DIY.

Adapun Musda VIII Orari Daerah DIY digelar Minggu (13/3/2022) di @K Hotel Kaliurang. Agenda utama musda adalah pemilihan Ketua ORARI Daerah DIY masa bakti 2022-2027 dan pemilihan DPP ORARI Daerah DIY masa bakti 2022-2027. 

Selain itu laporan pertanggungjawaban Ketua ORARI DIY dan Ketua DPP ORARI Daerah periode 2016-2021.

Anggota Orari Lokal Ponorogo saat mengikuti Lomba (Foto Febri Weli Daini)
Sementara itu, Febri Weli Daini  YG3DVN Anggota Orari Lokal Ponorogo mengatakan, ini merupakan pengalaman yang istimewa, karena semua anggota Orari Se Indonesia dicoba untuk mengasah ketrampilan dan fisik, selain itu anggota Orari juga bisa mendapatkan ilmu melalui BIMTEK Satelit serta dapat tukar pengalaman tentang  perkembangan kegiatan keamatiran Orari Se Indonesia". Ungkapnya (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Post a Comment for "Anggota Orari Lokal Ponorogo Ikuti Lomba Fox Hunting Se Indonesia"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata