Belajar Darah, Siswi MTs Ma'arif 1 Ponorogo Kunjungi PMI

CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Untuk melaksanakan program kerja tahunan MTs Maarif 1 Ponorogo melaksanakan pembelajaran diluar kelas Reseach dengan berkunjung ke UDD PMI Kabupaten Ponorogo. Selasa (29/03/2022). 

Rombongan MTs Ma'arif Ponorogo berjumlah sepuluh anak didampingi oleh seorang gurunya. Mereka langsung diterima oleh UDD PMI Kabupaten Ponorogo. Sebelum melihat langsung donor dan pengolahan darah mereka mendapatkan pemaparan dulu dari staf UDD PMI Kabupaten Ponorogo. 

Maghfirotul Mustafidah guru pendamping MTs Maarif 1 Ponorogo mengatakan, kegiatan ini merupakan program tahunan dari madrasah, dilakukan sekali dalam satu semester dengan peserta dari kelas 7 dan 8. 

"Tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan termasuk tentang pengolahan darah". ungkapnya 

tak lupa mengucapkan banyak terima kasih atas pengetahuan yang diperoleh anak didiknya dengan melakukan kunjungan ke PMI Kabupaten Ponorogo. 

“Terima kasih kepada PMI Kabupaten Ponorogo yang menerima dan memberikan pengetahuan tentang pengolahan darah yang ada di PMI". Tambahnya

Dian Ria avianti Staf PMI Kabupaten Ponorogo mengatakan, siswi MTs Ma'arif Ponorogo yang berkunjung kami berikan penjelasan detail tentang proses kegiatan donor darah dan pengolahan darah.

“Setiap orang yang akan donor darah dicek tensi, HB-nya. Kalau tidak lolos maka akan mendapatkan masukan petugas kesehatan PMI  agar tetap sehat, minimal tensi dan HB darahnya normal,” Ungkapnya

Selain itu, bagi pendonor yang lolos maka darahnya akan disharing mengandung penyakit atau tidak. “darah dari pendonor minimal dites mengandung virus HIV, Hepatitis, Sipilis atau tidak. Kalau ditemukan ada kandungan virus tersebut maka darah akan dimusnahkan tidak ditransfusikan ke pasien di rumah sakit,”tambahnya. 

Sementara itu, Andy Nurdiana D.Q M. Kes. Kepala UDD PMI Kabupaten Ponorogo menambahkan, PMI sangat terbuka, masyarakat umum boleh datang ke UDD untuk belajar soal donor darah dan pengolahannya”

"Kami mengapresiasi MTs Maarif Ponorogo yang ingin belajar tentang donor darah dan pengolahannya ke UDD PMI. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang donor darah dan pengolahannya". Ungkapnya. 

“Semoga siswi yang berkunjung ke PMI hari ini kedepan jika sudah waktunya bisa menjadi penerus relawan pendonor darah maupun penggerak donor darah". Terangnya
"Darah sangat dibutuhkan, untuk itu kami mengajak kepada masyarakat, instansi, perusahaan untuk ikut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan bersama PMI Kabupaten Ponorogo melalui donor darah, donor darah banyak manfaatnya, baik bagi diri pribadi maupun bagi orang lain yang menerima sumbangan darah kita. Berbuat kebaikan bisa dilakukan dalam wujud apapun,” Tambahnya

"Kami mengucapkan terimakasih telah memberikan kepercayaan kepada PMI Kabupaten Ponorogo sebagai mitra dalam kegiatan sosial kemanusiaan termasuk menambah pengetahuan, semoga ilmu yang telah diberikan bermanfaat untuk generasi yang akan datang". Pungkasnya (amin)

ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Post a Comment for "Belajar Darah, Siswi MTs Ma'arif 1 Ponorogo Kunjungi PMI"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata