dr. Dudung Kepala UDD PMI Jember Wafat

dr. Dudung Ari Rusli Semasa Hidup (Foto Ghufron)
CERITARELAWAN.ID, Jember - Hidup ini mengalir seperti aliran air. Dan hidup untuk memberi manfaat. Dari motto hidup itu menjadikan hal kuat bagi dr Dudung Ari Rusli, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember untuk berkiprah di PMI, sebuah organisasi kemanusiaan memberikan manfaat dunia dan akhirat. 

Namun, pengabdian dr Dudung, sapaan karibnya, berakhir hari ini, 3 Maret 2022.Dr Dudung wafat saat Gowes di dekat Rumahnya di Desa Ambulu Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.

dr Dudung Ari Rusli, adalah dokter lulusan Universitas Brawijaya Malang dengan keseharian sebagai Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Jember juga membuka praktek dokter di Jl. Candradimuka Blok A-1 Ambulu.

Pria dengan nama lengkap Dudung Ari Rusli lahir di Jember tanggal 06 Oktober 1966 dari pasangan Ibu Siti Hawa dan Bapak Suharso Jais seorang pendonor lestari. 

Berikut cerita dr Dudung kepada humas PMI Kabupaten Jember, sebelumnya. “Ayah saya donor mulai saya SD, ”tutur dr Dudung.

Masa kecilnya dilalui dengan bahagia dan tumbuh menjadi pria low profil. Hidupnya dijalani seperti aliran air sehingga keresahan-keresahan tidak pernah mengganggu aktifitasnya. Kuncinya think positif dalam menjalani hidup dengan apa adanya.

Menikah pada tahun 1996 dengan wanita cantik dari Kediri Yayuk Mardiani dengan dikaruniai 3 putra dan putri yaitu Muhammad haikal pasha, Queen Latifa Hasna, dan Muhammad kemal pasha. “istri saya ini pacar pertama saya lho” guraunya “saya waktu SMP/SMA pendiam dan kurang percaya diri” Ah… tapi kalau lihat beliau sekarang nggak percaya sih kalau pendiam apalagi kurang percaya diri.

Ada fase-fase dimana seseorang akan membentuk dirinya untuk berubah. Bisa kearah lebih baik bahkan ada fase ke arah lebih buruk. Begitu pula dengan dr. Dudung ada fase-fase yang merubah kepribadian menjadi lebih percaya diri.

“Fase pertama kehidupan yang merubah kemandirian adalah fase dimana saya menempuh dunia kampus di Universitas Brawijaya Malang. Saat kuliah saya aktif di organisasi berdemokrasi. Sehingga merubah wawasan saya dalam kehidupan juga sosial politik. Organisasi kami saat itu adalah kumpulan orang-orang yang peduli dan membantu ekonomi sesama teman, komunitas yang memiliki solidaritas tinggi tentang humanisme, empati terhadap masyarakat. Dari organisasi ini saya menyadari bahwa perubahan harus diawali dari yang paling mendasar.

Fase perubahan mendasar kedua tentang pola pikir terbentuk ketika ia bekerja sebagai medical provider di International SOS sebuah perusahaan asing bergerak di bidang pertambangan. Dari pengalaman saya belajar tentang standart operasional prosedure, etos kerja, quality control dan customer oriented. SOP tersebut mendasari institusi bekerja sesuai dengan standart. Perusahaan dalam aktifitas keseharian selalu berlandaskan standart operasional prosedure sehingga dimanapun cabang PT. ISOS yang tersebar diberbagai wilayah Indonesia memiliki kinerja yang sama, quality produk yang dapat dipertanggung jawabkan, dan tingkat keamanan pegawai. “Saya senang kerja di perusahaan tersebut karena selain hal-hal yang saya dapatkan saya dapat traveling ke berbagai wilayah Indonesia”. Travel memang salah satu hobbinya selain juga hobbi bermain game komputer.

Beliau memiliki motto hidup bahwa hidup mengalir seperti aliran air. 

“Pilihan berkiprah di PMI adalah hal yang sudah mantap di hati karena ia ingin hidup untuk memberi manfaat. Insyaallah kiprah ini mendapat dua manfaat yaitu pertama nafkah hidup dan kedua nafkah untuk akhirat” ungkapnya mantap sambil tersenyum.

Obsesi akan unit donor darah yang sekarang dipimpinnya adalah menjadikannya institusi yang memiliki layanan yang baik kepada masyarakat dengan selalu mengedepankan mutu. Kiat-kiat untuk mewujudkan mutu tersebut adalah 3 K. Komitmen, Konsisten, Kerja keras. Komitmen kesungguhan untuk memberikan yang terbaik, konsisten terhadap manajemen mutu dan kerja keras.

Dalam menghadapi permasalahan beliau selalu menggunakan analisa SWOT Strengh (kekuatan) adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari Unit Donor Darah. Weaknesses (Kelemahan) Kejujuran melihat kelemahan akan lebih mudah untuk memperbaiki. Opportunity (kesempatan) Adalah selalu memanfaatkan segala kesempatan. Opportunity tidak hanya berupa kebijakan atau peluang dalam hal mendapatkan modal berupa uang, akan tetapi bisa juga berupa respon masyarakat atau isu yang sedang diangkat. Threat (ancaman) Adalah factor negative dari lingkungan yang memberikan hambatan bagi berkembangnya atau berjalannya sebuah organisasi dan program.

Namun begitu beliau merasa banyak hal yang belum tercapai karena banyak hal yang harus dilakukan. Semakin kita bekerja keras semakin banyak yang kita sadari kekurangan. Seperti lomba lari tanpa garis finish. Namun dengan konsisten perfection and inspering to inofation semua hal dapat diatasi dan UDD PMI Kabupaten Jember akan selalu menuju arah yang lebih baik.

Seorang Dudung Ari Rusli melihat tantangan terbesar dalam hidup ini adalah untuk semakin memperbaiki kualitas diri dan kualitas hidup. Ketika diwawancara tentang kiatnya menghadapi tingkat stress. “cukup menikmati segelas kopi dan sebatang rokok dan menikmati suasana sunyi. Sunyi bagi saya lebih cepat membawa untuk berpikir lebih cepat”. So simple, kemudian hal yang ingin ia suarakan untuk masyarakat adalah : Jangan pernah berhenti memberi terbaik dari diri baik untuk kemanusiaan dan berbuat untuk kebaikan sesama”. Jangan segan memberikan pengaruh terhadap lingkungan dengan sesuatu yang simple dapat memberikan pengaruh besar contoh selalu senyum dengan lingkungan akan membawa suasana gembira”

Sukses dr. Dudung membawa UDD PMI Kabupaten Jember meraih Visinya yaitu 

“Terwujudnya Pemenuhan Kebutuhan Darah yang Aman, Tepat dan Cepat”

Totalitas dalam pengabdian sejak memutuskan bergabung dengan PMI Kabupaten Jember sejak tahun 2002, kemudian diangkat oleh kepengurusan H. Sandi Suwardi Hasan, M.SI sebagai kepala UDD PMI Kabupaten Jember pada periode pertama tanggal 3 Mei 2011-8 Februari 2016,  dikukuhkan melalui SK Pengurus PMI Cabang Jember Nomor : 143/02/06.34/S.KP/UDD/V/2011 TANGGAL 3 MEI 2011. Pada periode kepengurusan H. Achmad Sudiyono, M.SI, dr. dudung ari rusli Kembali dipercaya untuk periode kedua pada tanggal 9 Februari 2016- 9 Februari 2021 melalui SK Pengurus PMI Cabang Jember Nomor : 78/02/06.34/KEP/II/2016 TANGGAL 9 Pebruari 2016.

Satu-satunya dokter PMI Jember yang mengabdikan dirinya untuk kemanusiaan hingga akhir hayatnya, sungguh pengabdian  paripurna yang menginspirasi.

ceritarelawan.id ikut berdukacita, semoga dr. Dudung Ari Rusli husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Post a Comment for "dr. Dudung Kepala UDD PMI Jember Wafat"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata