Jelang Ramadhan, Stok Darah PMI Jember tercukupi

Kegiatan Mobile Unit Donor Darah PMI Jember (Foto Ghufron)
CERITARELAWAN.ID, Jember - Beberapa hari menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan, PMI Kabupaten Jember telah mempersiapkan pemenuhan kebutuhan darah bagi pasien yang menjalani perawatan medis di sejumlah rumah sakit. 

Hingga Kamis (17/03/22) stok darah yang ada di Unit Donor Darah, PMI Jember masih mencukupi. Ini berkat dukungan dari Pemerintah daerah Kabupaten Jember lewat program J-HUR (Jember Hadir Untuk Rakyat) yang setiap pekan di hari jum’at keliling ke seluruh kecamatan secara bergilir. 

“Kita juga terbantu oleh program Bupati Jember yakni Jember hadir untuk rakyat atau J-HUR yang mana pada setiap agenda tersebut, PMI turut hadir dengan menyediakan layanan donor darah bagi masyarakat kecamatan setempat,” kata E.A Zaenal Marzuki, SH, MH saat ditemui. 

Dan pada saatnya nanti di Bulan Suci Ramadhan, PMI Jember akan menambah pemenuhan kebutuhan darah dari 3500 menjadi 5000 kantong sebagai antisipasi permintaan saat hari Raya Idul Fitri. Target tersebut akan dilakukan melalui donor darah keliling ke 31 kecamatan yang ada di kabupaten jember.

“Saat bulan puasa nanti, pemenuhan kebutuhan darah kita targetkan sebanyak 5000 darah karena kita juga antisipasi pemenuhan darah saat hari raya idul fitri,” tambah Zaenal. Jumlah tersebut juga sebagai antisipasi pemenuhan darah dari wilayah jejaring seperti bondowoso, situbondo dan banyuwangi. 

Dan selama sebulan penuh di bulan suci ramadhan nanti, PMI Jember akan membuka gerai donor darah di depan masjid Baitul Amin seperti tahun sebelumnya untuk memudahkan masyarakat yang di siang hari saat menunaikan ibadah puasa tidak memiliki waktu untuk melakukan donor darah. 

Bagi keluarga pasien yang membutuhkan darah, bisa menghubungi layanan Call Center PMI Jember di nomor 0331-337022 atau datang langsung ke Unit Donor Darah PMI Jember yang ada di Jalan Srikoyo No. 115, Kecamatan Patrang. (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Post a Comment for "Jelang Ramadhan, Stok Darah PMI Jember tercukupi"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata