Peduli Sesama, Karang Taruna Desa Prajegan Rutin Gelar Donor Darah

Kegiatan donor darah yang diadakan karang taruna Desa Prajegan
CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Warga Desa Prajegan, Ponorogo, Jawa Timur ini layak menjadi contoh. Tak hanya warga, para perangkat desanya sudah langganan donor darah. Bahkan rata-rata jadi pendonor sembilan kali. Karenanya, warga dan karang taruna setempat semakin giat untuk mengadakan kegiatan sosial ini. 

Donor darah di tempat ini rutin tiga bulan sekali. Terhitung sejak pertama kali digelar sudah dua tahun terakhir ini donor darah diadakan secara konsisten. 

Ketua Karang Taruna Suryo Pandhowo Desa Prajegan, Ponorogo Andry AR mengatakan,  terbaru pada Kamis (17/3) kemarin kami juga menggelar donor darah dengan mengambil tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri. 

"Ada puluhan warga yang ikut donor, ada dari anggota karang taruna, warga desa dan termasuk perangkat desanya ikut donor, antusiasmenya lumayan tinggi," Ungkapnya Senin, (28/3/2022). 

"Mestinya bisa saja warga yang ikut donor darah lebih banyak, hanya saja karena kuota dibatasi dan waktu pengambilannya yang juga terbatas. Terangnya

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap periode 3 bulan yang ikut hanya sesuai kuota dari PMI setempat. Rencana pada saat jadwal berikutnya akan melaksanakan lebih meriah lagi, terlebih pembatasan karena pandemi juga mulai dilonggarkan. 

"Biasanya kami kalau gelar donor ada selingan acaranya, seperti pembagian door prize, nah kedepannya ini sudah kami rancang akan kami selingi juga dengan pembagian bibit pohon atau bunga untuk warga yang ikut donor," jelasnya. 

"Kami berharap dengan kegiatan donor darah rutin ini bisa membantu PMI memenuhi kebutuhan darah, dengan adanya kegiatan rutin ini juga bisa mengasah kepekaan kami dan membangkitkam kepedulian sosial," Tambahnya

Semantara itu, Suwadah Staf P2D2S (Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela)  PMI Kabupaten Ponorogo mengatakan, PMI sangat  mengapresiasi atas peran dan dukungan Karang Taruna Suryo Pandhowo Desa Prajegan    dalam kegiatan sosial donor darah ini..

“Kami sangat mengapresiasi sekali atas dukungan dari Karang Taruna Suryo Pandhowo Desa Prajegan yang telah bekerjasama menggelar kegiatan donor darah ini, dimasa pandemi saat ini ketersediaan darah bagi pasien-pasien yang membutuhkan transfusi harus tetap terpenuhi, dukungan dari semua pihak akan sangat membantu ketersediaan darah di PMI Kabupaten Ponorogo". Ungkapnya

"Dengan donor darah ini kita mendapatkan banyak manfaat diantaranya menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan resiko kanker,  membantu menurunkan berat badan, serta mendapatkan kepuasan batin". Tambahnya

"Mewakili PMI Kabupaten Ponorogo kami mengucapkan terimakasih telah memberikan kepercayaan kepada PMI sebagai mitra dalam kegiatan sosial kemanusiaan, semoga darah yang telah disumbangkan bermanfaat bagi yang membutuhkan". Pungkasnya (amin).
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Post a Comment for "Peduli Sesama, Karang Taruna Desa Prajegan Rutin Gelar Donor Darah"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata