PMR SMKN 1 Kebumen Gelar Simulasi Bencana

PMR SMKN 1 Kebumen saat simulasi bencana (Foto Pipiet)


CERITARELAWAN.ID, KebumenDalam rangka meningkatkan kapasitas dan siap siaga dalam menghadapi bencana Palang Merah Remaja (PMR) wira SMKN 1 Kebumen gelar simulasi bencana di sekolah. Sabtu (19/03/2022).

Kegiatan simulasi digelar di Ruang Tribun acara pelatihan di mulai pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh 106 orang disambut antusias oleh seluruh peserta. 

Dibuka dengan materi siaga bencana oleh pemateri dari PMI Kebumen yakni Muhammad Muslim Mustofa, Robiatul Awaliyah, Amanatul dan Hafifah Umami.

Anita Arumsari Pembina PMR SMKN 1 Kebumen mengatakan, konflik bencana belakangan hari yang melanda di Kabupaten Kebumen menjadi landasan giat kesiapsiagaan bencana yang sangat diperlukan untuk calon relawan yakni PMR, terutama PMR Wira.

“kita lihat segaligus merasakan bencana belakangan hari di Kebumen sangat besar efeknya, meski bencana tidak dapat di prediksi minimal kita siap dan siaga dalam bencana. Maka dari itu perlunya anak-anak PMR belajar bagaimana siaga terhadap bencana dan apa yang dilakukan ketika bencana datang” Ujar Anita

Dalam praktiknya anggota PMR diberi pemahaman langkah dan tata cara ketika bencana datang serta langkah evakuasi korban. Dilengkapi dengan alat keselamatan yang memadai simulasi bencana dapat diserap oleh masing-masing peserta sehingga peserta dapat praktik menggunakan alat seperti tas siaga bencana, tandu, dan alat bidai maupun perlengakapan pertolongan pertama lainnya.

Selain dibekali materi siaga bencana peserta pelatihan juga dibina materi sejarah palang merah, evakuasi bencana, pertolongan pertama agar dalam praktik simulasi bencana dapat diterapkan disetiap rumpun ilmu dalam implementasinya. (pipiet/amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Post a Comment for "PMR SMKN 1 Kebumen Gelar Simulasi Bencana"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata