Wakil Bupati Lumajang Sambut Gembira Rencana Bantuan Dari IFRC Untuk Penyintas Erupsi Semeru



PMI Pusat, IFRC, dan PMI Lumajang saat Audiensi dengan Bunda Indah Wakil Bupati Lumajang (Foto Rini)
CERITARELAWAN.IDLumajang Rencana International Federation Red Cross (IFRC) yang difasilitasi PMI Pusat membantu warga Penyintas bencana erupsi gunung Semeru, segera direalisasikan. Hal itu, ditandai dengan audiensi yang dilakukan perwakilan IFRC, PMI Pusat dan Ketua PMI kabupaten Lumajang H. Budi Santoso, SH,Msi dengan wakil bupati Lumajang Ir.Indah Amperawati di kantor Pemkab (Rabu,23/3/2022).

Dalam audiensi itu, perwakilan IFRC Fadil menyatakan pemberian bantuan bagi warga terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru, dari IFRC sebagai wadah bernaungnya bulan sabit merah dan Palang merah sedunia." IFRC mengirimkan perwakilan ke Lumajang untuk.mengetahui situasi dan kondisi, serta berkoordinasi dengan pemkab Lumajang agar mendapatkan masukan dan saran, dengan harapan programnya tepat sasaran dan bermanfaat", terang Fadil perwakilan IFRC.

Sementara itu, kepala markas PMI pusat Aziz menyatakan bantuan yang akan diberikan dari federasi itu berupa modal kerja tunai." Kami berharap bantuan modal kerja tunai itu, bisa dijadikan modal awal para penyintas Erupsi Gunung Semeru yang selama ini kehilangan mata pencaharian.Mereka paling tidak juga harus dibekali keterampilan, agar kedepan bisa buka usaha dengan modal kerja tunai itu", papar Aziz kepala Markas  PMI pusat.

Selain itu juga bantuan perpipaan untuk WASH, sebagai bagian penyediaan kebutuhan air bersih bagi para penyintas Erupsi Semeru. Rencananya, bantuan dari IFRC tiga milyar rupiah.

Wakil bupati Lumajang Ir.Indah Amperawati , Msi menyambut gembira rencana bantuan dari federasi yang difasilitasi PMI pusat dan PMI kabupaten Lumajang."Kami berharap semua pengungsi yang akan direlokasi ke kawasan Huntara desa Sumber mujur Candipuro akan menerima bantuan modal.kerja tunai", pinta Bunda Indah sapaan akrab wakil bupati Lumajang. Bunda Indah menyatakan ada sekitar 1951 KK yang akan bisaenera bantuan modal kerja tunai itu. Soal mekanisme pencairan bisa lewat kantor pos, karena penerima tidak usah.membuka rekening.
 
PMI Pusat, IFRC, dan PMI Lumajang foto bersama Bunda Indah Wakil Bupati Lumajang setelah audiensi (Foto Rini)
Sedangkan untuk jaringan perpipaan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, bisa berhubungan dengan Dinas PUPR kabupaten Lumajang, yang rencana akan dilakukan di 3 titik.

Ketua PMI kabupaten Lumajang,H.Budi Santoso,Msi berharap program dari federasi yang akan membantu warga terdampak erupsi gunung Semeru bisa segera terwujud.Karena tidak lama lagi mereka akan direlokasi di Huntara.(Rin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Post a Comment for "Wakil Bupati Lumajang Sambut Gembira Rencana Bantuan Dari IFRC Untuk Penyintas Erupsi Semeru"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata