Masjid Baitul Jannah Jenggawah, Jember Sumbang 87 Kantong Darah

CERITARELAWAN.ID, Jember – Kegiatan donor darah yang digelar Tim Mobil Unit (MU) Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember di Masjid Baitul Jannah Jenggawah berhasil menghimpun 87 kantong. Ini menjadi rekor sementara dalam rangkaian kegiatan Donor Ramadhan yang digelar PMI Kabupaten Jember. 

Dengan rincian golongan darah A terhimpun 18 kantong, golongan darah B  sebanyak 31 kantong, golongan darah AB  terkumpul 3 kantong, golongan darah O sebanyak 35 kantong. Total sebanyak 87 kantong darah. 

“Alhamdulillah dalam satu kegiatan donor darah di  Masjid Baitul Jannah Jenggawah berhasil menghimpun 87 kantong darah, ini rekor terbanyak sementara selama Ramadhan 1443 H,” kata H EA Zaenal Marzuki SH MH ketua PMI Kabupaten Jember.

PMI Kabupaten Jember meneruskan tradisi blusukan jemput bola pendonor selama puasa Ramadhan. Dia menjelaskan, tim mobil Unit PMI Kabupaten Jember dijadwalkan menggelar kegiatan donor darah sukarela di kecamatan-kecamatan dengan kerjasama dengan PMI Kecamatan. “Tiap Ramadhan, UDD PMI memang keliling ke kecamatan, desa untuk jemput bola pendonor. Kegiatan donor darah dipusatkan di kantor desa atau kecamatan atau masjid terbesar setempat,” imbuhnya. 

Kegiatan donor darah Ramadan tersebut menjadi salah satu cara paling efektif untuk tetap menjaga stok darah di ruang penyimpanan UDD PMI Kabupaten Jember. Pasalnya, kegiatan donor darah tidak memungkinkan digelar di siang hari. Sebab, umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa pada siang hari. 

Untuk itu, PMI Kabupaten Jember sudah beberapa tahun menggelar kegiatan donor darah pada malam hari, tepatnya setelah sholat tarawih. Bahkan, ada beberapa kegiatan yang digelar di masjid. Dengan demikian, jamaah sholat tarawih bisa langsung daftar donor darah di tempat. “Alhamdulillah cara ini sangat efektif, salah satu buktinya kegiatan donor darah di masjid Masjid Baitul Jannah Jenggawah,” ungkapnya. 

PMI Kabupaten Jember menjadwalkan kegiatan donor darah keliling kecamatan di Kabupaten Jember. Selain itu, pelayanan donor darah pada siang hari dilayani di UDD PMI Kabupaten Jember, di Gerai Donor Markas PMI Jalan Jawa dan Gerai Donor Klinik Pratama PMI Jubung. Bahkan, UDD PMI selama Ramadan membuat posko donor di Alun-Alun Kabupaten Jember, tepatnya di depan masjid Jami Al Baitul Amien. 

“Bagi yang tidak berpuasa bisa dilayani di UDD PMI, Gerai Markas PMI dan Gerai Klinik Pratama PMI sedangkan pada malam hari pelayanan ada di posko Alun-Alun dan tim Mobil Unit yang keliling kecamatan,” imbuhnya. (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum

Post a Comment for "Masjid Baitul Jannah Jenggawah, Jember Sumbang 87 Kantong Darah"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata