Lebaran, PMI Jember Buka Gerai Donor Darah di Papuma


CERITARELAWAN.ID, Jember - Relawan, pegawai dan pengurus PMI Kabupaten Jember memanfaatkan momentum keramaian tempat wisata dalam liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. 

Sejumlah pegawai, relawan dan pengurus PMI mengajak para pengunjung wisata Papuma Jember untuk donor darah demi membantu sesama. 

Mereka keliling melakukan sosialisasi pentingnya donor darah kepada ribuan pengunjung wisata Papuma.

Dengan menggunakan megaphone, Kepala Markas PMI Kabupaten Jember Rupianto berjalan kaki mengajak masyarakat untuk donor darah. 

Bahkan, PMI Kabupaten Jember menyiapkan gerai Donor darah di posko kesehatan di Papuma untuk melayani donor darah masyarakat. 

Pengunjung bisa berwisata sekaligus bersedekah darah dengan ikut donor darah.

"Bagi  bapak dan ibu  pengunjung wisata Papuma ini, Monggo yang berkenan ikut donor darah di gerai Donor di posko kesehatan Papuma," Kata Kepala Markas PMI Kabupaten Jember Rupianto, Rabu, (03/05/2022).

Kepla Markas PMI Jember Rupianto menjelaskan bahwa para pengunjung wisata Papuma bisa bersedekah darah dengan ikut donor darah.

"Bagi bapak dan ibu yang menunggu anak-anaknya bermain bisa meluangkan waktu sekitar 15 menit untuk sedekah darah," terangnya.

Dia menjelaskan, darah yang disedekahkan akan sangat bermanfaat bagi pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah.

"Mari saling membantu sesama dengan donor darah. Barangkali suatu saat, saat kita atau keluarga atau tetangga membutuhkan darah juga disumbang orang lain," terangnya.

Pasalnya, saat libur Hari Raya Idul Fitri biasanya stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI menipis.

"Sampai hari ini stok masih ada tetapi ada beberapa komponen darah yg tipis sehingga Uluran tangan pengunjung Papuma akan sangat membantu bagi pasien yang membutuhkan darah," ujarnya. Apalagi, libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H kali ini cukup panjang mulai 29 April sampai 9 Mei 2022.

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menuturkan bahwa saat ini memang membutuhkan keiklasan para pendonor.

"Sampai saat ini belum ada yang bisa menggantikan darah sehingga pasien yang butuh darah harus ditransfusi darah dari para pendonor. Monggo saudara-saudara sekalian ikut donor darah," Kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Dia menjelaskan, tim PMI kabupaten Jember tidak hanya menyiapkan gerai Donor darah saja di Papuma.Tim PMI juga mensuport posko kesehatan. bahkan, relawan, pegawai dan pengurus PMI juga keliling dengan megaphone untuk mengingatkan masyarakat berhati-hati saat bermain di pantai Papuma. Pasalnya, gelombang Papuma yg termasuk pantai Selatan sering tak menentu. 

Selain itu, tim PMI juga membagikan masker kepada para pengunjung yang tidak mengenakan masker.  (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Lebaran, PMI Jember Buka Gerai Donor Darah di Papuma"

Get new posts by email: