Bersama PMI Cilegon. RT/RW Simulasi Banjir dan Gempa

Bersama PMI Cilegon. RT/RW Simulasi Banjir dan Gempa
CERITARELAWAN.ID, Cilegon - Sebagai upaya meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan dasar kepada para pengurus RT dan RW terkait bagaimana melakukan atau memenej respon awal dalam menangani pengungsian, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon pada sesi akhir pembekalan materi kegiatan Pelatihan Dasar Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) menggelar simulasi bencana banjir dan gempa bumi.

Kegiatan simulasi ini digelar malam hari, Minggu, 26 juni 2022 sekira pukul 00:05 WIB hingga pukul 02:30 WIB tersebut bertujuan untuk mengetahui atau mengukur sejauh mana para peserta memahami materi kebencanaan yang diberikan narasumber dari PMI, BPBD, Dinsos, Dinkes, BMKG, Orari, Basarnas Banten dan Lanal Banten, yang mana pada simulasi tersebut Pengurus RT dan RW dapat menentukan kebijakan, mengkordinir dan memanfaatkan potensi yang ada dilingkungannya serta dapat berkoordinasi dengan kelurahan dan instansi terkait lainnya.

Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis berharap para peserta yang telah dibekali pelatihan ilmunya dapat bermanfaat serta dapat berbuat untuk masyarakat yang membutuhkan pada saa terjadi bencana.

“Dari berbagai materi yang disampaikan oleh para narasumber dari kemaren sampai malam, mudah-mudahan itu menjadi suatu bekal bagi kita semua, yang tujuannya adalah bagaimana kita mengasah kemampuan kita untuk kita bisa berbuat untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan kita pada saat terjadi kebencanaan” tuturnya, saat memberikan sambutan pada acara penutupan Pelatihan Dasar MTDB, kemarin siang, Minggu (26/6/2022)

Lebih lanjut, lubis dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyapaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kota Cilegon, Camat Pulomerak, Para Donatur dan Narasumber yang telah membantu dan memfasilitasi sehingga kegiatan pelatihan tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu, salah satu perwakilan peserta, Agus Wahyudi Ketua RT. 006 Lingkungan Pondok Cilegon Indah – Kelurahan Cibeber, pihaknya merasa terharu baru kali ini mendapatkan pelatihan MTDB tersebut.

“Kami sendiri sangat terharu, baru kali ini saya ada pelatihan seperti ini dan sangat mengena terutama pada saat simulasi semalam, jadi kami atas nama pengurus RT RW se Kota Cilegon mengucapkan beribu-ribu terimakasih atas diselenggarakan kegiatan pelatihan manajemen tanggap darurat bencana, dan mudah-mudahan materi yang kami diterima dari para narasumber dapat bermanfaat dan bisa dipraktekan dilingkungan kami masing-masing” terangnya.

Dijelaskan juga, pada kegiatan penutupan kegiatan pelatihan dasar MTDB tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada RT / RW  berupa Lampu Senter, Terpal dan Kentongan. (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "Bersama PMI Cilegon. RT/RW Simulasi Banjir dan Gempa"

Get new posts by email: