KAHMI Dukung Kampung Donor di Jember

MD KAHMI Jalin Kerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember Untuk Dukungan Kampung Donor
CERITARELAWAN.ID, Jember  – Majelis Daerah (MD) KAHMI Jember mendukung penuh pengembangan Kampung Donor di 248 Desa/ Kelurahan di Kabupaten Jember. Kampung Donor menjadi salah satu inovasi menjaga stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Sampai saat ini baru ada empat Kampung Donor yang aktif menyelenggarakan kegiatan donor darah sukerala di Kabupaten Jember. Yaitu Kampung Donor Karangduren, Kampung Donor Kidul Besuk Kecamatan Ajung, Kampung Donor Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul. 

Dukungan pengembangan Kampung Donor itu diwujudkan dalam nota kesepakatan antara MD KAHMI Jember dan PMI Kabupaten Jember. Nota Kesepatakan ditandatangani oleh Koordinator Presidium  MD KAHMI Jember Narto STP MM dan Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH saat berkunjung ke markas PMI Kabupaten Jember Jl Jawa Rabu, 29 Juni 2022.  Koordinator Presidium MD KAHMI Jember Narto bersama sejumlah pengurusnya antara lain Nilam, Anita, Rois, Moch Kosim, Ali Ridho Gadri. Sedangkan ketua PMI didampingi sekretarisnya Fadallah dan kepala markas PMI Kabupaten Jember Rupiyanto. 

“Sebagai bagian dari masyarakat Jember, kami dari  KAHMI Jember ingin ikut terlibat dalam kegiatan donor darah lebih aktif dengan mendirikan Kampung Donor,” kata Koordinator Presidium KAHMI Jember Narto. KAHMI Jember akan aktif mengajak anggotanya serta masyarakat di sekitar Kampung Donor untuk aktif donor darah.
 
Bahkan, Narto berharap pengembangan Kampung Donor digalakkan. 

“Kalau bisa setiap desa atau kelurahan di Kabupaten Jemebr yang berjumlah 248 ada Kampung donornya. Ini bisa menjadi inovasi untuk menjaga stok darah tetap terjaga di ruang penyimpan UDD PMI Kabupaten Jember,” imbuhnya. 

Dengan adanya Kampung Donor, sambungnya, maka makin banyak masyarakat yang terlibat aktif untuk donor darah. 

"Rata-rata relawan pendonor darah di kampung donor aktif untuk donor. Baik dari pejabat, tokoh masyarakat, tokoh agama sampai masyarakat umum sukarela setidaknya dua bulan sekali donor darah,” imbuhnya. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH megucapakan banyak terima kasih atas dukungan  MD KAHMI Jember. 

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada KAHMI Jember yang mau aktif terlibat dalam kegiatan donor darah, khususnya dengan mendirikan Kampung donor,” terangnya. 

Dia menilai, KAHMI yang memiliki sumber daya manusia yang tersebar di seluruh Jember menjadi kekuatan sendiri untuk aktif dalam kegiatan donor darah. 

“Saya banyak mengenal alumni HMI diberbagai bidang sehingga saya yakin KAHMI juga bisa mendirikan Kampung Donor,’ terangnya. 

Bahkan, PMI Kabupaten Jember juga terbuka untuk kerja sama dengan KAHMI Jember untuk kegiatan lainnya.

“Kita punya ahli bidang kebencanaan, pertolongan pertama, dapur umur dll, kalau KAHMI siap bisa menggelar pelatihan untuk menjadi relawan bersama PMI Kabupaten Jember,” imbuhnya. 

Tak Lupa, Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menjelaskan akan hasil pengembangan PMI Kabupaten Jember yang lebih transparan. 

"Insyallah kreativitas dan inovasi yang kami lakukan di PMI  cukup baik, tanpa mengandalkan APBD atau bulan dana PMI, PMI Kabupaten Jember bisa melakukan puluhan bahkan ratusan kegiatan secara mandiri.  Cukup dengan melakukan efisiensi,” ujarnya. (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "KAHMI Dukung Kampung Donor di Jember"

Get new posts by email: