Pengurus PMI Kota Kediri Dilantik Imam Utomo


ceritarelawan.idkediri - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur H. Imam Utomo S mengharapkan agar PMI kota Kediri membentuk sedikitnya 50 PMR (Palang Merah Remaja) di setiap sekolah.

Ini sesuai anjuran Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa dimana disekolah itulah terjadi proses pembentukan karakter bagi generasi muda kedepan. Selsin itu juga pembinaan berkelanjutan PMI sepakat dengan Ibu Gubernur, karenanya PMI juga tengah mendata keperlukan PMR.

Hal itu disampaikan Imam Utomo ketika melantik dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Kediri di kantor Pemkot Kediri, Selasa (28/6/2022).

Berdasarkan Surat Keputusan PMI Jatim Nomor: 055/KEP/02.06.00/VI/2022 disebutkan Ketua dewan kehormatan dijabat Bagus Alit, SE, MM (Sekota) dan Ketua Pengurus dr. Indrakso Suprapto (Pejabat di Dinas Kesehatan Pemkot) dengan Sekretaris Drs. Abdul Gani Murdiantoko.

Dalam kesempatan tersebut mantan Gubernur dua periode tak lupa menyampaikan rasa terimakasih kepada pengurus yang sudah purna dan selamat bekerja kepada pengurus yang baru. Tentu saja kita berharap semua pengurus segera bekerja sesuai AD/ART PMI dan undang undang No.1/2018 tentang kepalangmerahan. Undang undang ini menjadi pijakan dalam menjalankan roda organisasi.

Ada Tujuh prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah Dan Bulan Sabit Merah tersebut meliputi kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kemestaan. Ini tadi sudah dibacakan anak anak kita, siswi SMKN l Kediri, agar dipahami dan jalankan secara baik.

Imam Utomo juga mengaku sangat prihatin bakal tergusurnya kantor PMI dan markas PMI Kota Kediri karena keperluan akses bandar udara Kediri. Pihaknya menyarankan kantor dan markas PMI yang terletak dipinggir jalan utama itu tidak robohkan dulu sebelum kantor baru dibangun lagi.

Masalahnya, disitu banyak alat bernilai teknologi tinggi untuk memproses darah. Harganyapun cukup mahal. Di masa Pandemi Covid-19 lalu PMI Kota Kediri memiliki peran dan berkontribusi besar dalam penyediaan plasma konvalesen.

Menyinggung soal bantuan bencana alam, mantan Pangdam V Brawijaya era orde baru, pengurus yang baru dilantik untuk selalu kolaborasi dengan BPBD dalam penangnan bencana. Prinsipnya enam jam setelah bencana terjadi, PMI harus sudah ada di tempat. Dan PMI tentu tidak bisa bekerja sendirian. Sementara profesionalisme relawan sangat diperlukan

Hal senada disampaikan Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar. Ia menjelaskan PMI Kota Kediri telah berkontribusi besar dalam penanganan Covid-19. Puncak Covid-19 telah menimbulkan banyak korban.

`Saya tiap saat ditangisi warga, bagaimana ini anak saya, pak saya butuh plasma, dll. Untungnya PMI, rumah sakit maupun BPBD sudah menanganinya. Ada yang selamat , tapi juga ada yang tidak bisa diselamatkan. Ya itu diluar kemampuan manusia. Yang penting sudah berbuat. Akan lebih sedih kalau kita tidak berbuat apa apa.

Kepada pengurus PMI Kediri, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar berpesan agar menghidupkan PMR. Saya kalau donor lagsung ke PMI sekalian mengecek kinerja PMI apakah benar sudah menjadi pelayan masyarakat atau belum, apakah darahnya mencukupi atau tidak.

Menyinggung nasip kantor PMI Kota Kediri, pihaknya menjelaskan semoga nantinya dibangunkan gedung dan Markas PMI yang lebih besar lagi dari sekarang.

Ketua PMI Kota Kediri dr. Indrastoko Suprapto mengatakan menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Kediri yang setiap tahun memberikan anggaran Kepada PMI, juga Dinas Kesehatan Pemkot.

Sayangnya, tahun depan UDD PMI tidak lagi bisa mengikuti akreditasi mengingat dalam waktu dekat kantor bakal dibongkar. Untuk masalah ini kami serahkan kepada Pak Walikota Kediri, ujarnya singkat.

Dewan Kehormatan dan Pengurus diabadikan bersama Ketua PMi H Imam Utomo dan Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, usai pelantikan.


Berikut susunan pengurus hasil Rapat Formatur Musyawarah PMI Kota Kediri tanggal 30 Mei 2022.

Dewan Kehormatan

Ketua : Bagus Alit, SE, MM

Anggota
* Dr. dr. Fauzan Adima, M.Kes
* Drs. Maki Ali, M. Si

Pengurus

Ketua : dr. Indrakso Soeprapto

Wakil Ketua : Chevy Ning Suyudi, ST, MT

Sekretaris : Drs. Abdul Gani Murdiantoko

Bendahara : Drs. Suyono, M.Pd

Ketua Bidang Pelayanan Darah/UDD : dr. I. Nengah Gangga

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana : Indun Munawaroh, S.STP

Ketua Bidang Organisasi dan Pengembangan Sumber Daya : Drs. H. R. Marsudi Nugroho,M.Pd

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial : Alfan Sugiyanto, S.KM, M.Kes

Ketua Bidang Anggota dan Relawan : Hengky Irawan, S.Kep.Ns, M.Kes

Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan , Informasi & Komunikasi : Wahyu Purnama Wijaya, ST

Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan : Iwan Tri Cahyono, S.Ab. (*)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Pengurus PMI Kota Kediri Dilantik Imam Utomo"