PMI Tebo Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan


PMI Tebo Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan 
CERITARELAWAN.ID, Tebo - Apel Siaga dalam rangka menghadapi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di  Kabupaten Tebo tahun 2022 digelar di Lapangan Eks. Arena MTQ Kantor Bupati Tebo (28/06). 

Dalam apel siaga tersebut turut dihadiri oleh Bupati Tebo yang diwakili Asisten II Setda Tebo Ir. Supadi, Ketua DPRD Kabupaten Tebo Mazlan, S.Kom, Kepala Kejaksaan Negeri Tebo yang diwakili Kasi Intelijen Kejari Tebo Ari Chandra Pratama, S.H, Kapolres Tebo AKBP. Fitria Mega, M.Psi, Dandim 0416 Bute Letkol Inf Arianto Maskare Subagio, S.Sos, Kepala OPD Kabupaten Tebo, Babinsa se-Kabupaten Tebo, Kamtibmas se-Kabupaten Tebo, PMI Kabupaten Tebo serta pasukan satgas pemadaman kebakaran hutan dan lahan Kabupaten Tebo.

Dalam Apel Siaga kali ini, PMI menerjunkan 12 personil baik dari KSR maupun Pengurus. Menarik melihat Tugas PMI dalam respon bencana baik dalam pra, bencana, dan pasca bencana telah diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kepalangmerahan. Sementara itu, dalam SOP Bencana, tugas PMI Tebo juga tak kalah penting.

“Dalam kondisi bencana jika berkaca dari Perbup Nomor 39 Tahun 2017 tentang SOP Bencana di Kabupaten Tebo. PMI Tebo masuk dalam bidang Kesehatan, Pendidikan (Sekolah Siaga Bencana) dan memobilisasi (PMR) Palang Merah Remaja apabila diperintah oleh BPBD dalam situasi darurat bencana” tutur Marsudi, A.MK selaku Ketua Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana

Lebih lanjut Marsudi menuturkan, dalam bencana Kabut Asap akibat karhutla, biasanya PMI Tebo berperan dalam pembagian Masker, Penyediaan Rumah Singgah Bebas Asap, dan Penyebaran Media KIE. (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "PMI Tebo Ikuti Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan "

Get new posts by email: