UDD PMI Kota Langsa dan SUZUYA Mall Donor Darah dan Santuni Penderita Thalasemia

UDD PMI Kota Langsa dan SUZUYA Mall Donor Darah dan Santuni Penderita Thalasemia

CERITARELAWAN.IDKota Langsa - Aceh, Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa, memperingati Hari Donor Darah Sedunia Menggelar kegiatan donor darah dan menyantuni puluhan anak penderita Thalasemia, di Halaman Suzuya Mall Langsa, Kamis (30/6).

Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Pemko Langsa, dr Herman, saat membuka secara resmi acara Donor Darah Sedunia menyatakan bahwa Pemko Langsa sangat mengapresiasi kegiatan dimaksud.

Kepada anak-anak Thelesamenia tetap semangat, Thalasemia adalah kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal.

"Begitulah keterbutuhan darah yang harus tetap ada bagi penderita thalasemia, bagaimanapun donor darah adalah yang terbaik," ucap Herman.

Sementara itu Ketua Bidang PSDM PMI Provinsi Aceh, Asrizal H Asnawi, sangat apresiasi para pendonor, makanya hari donor darah sedunia ini dilaksanakan. Dipastikan dan Insya Allah tahun 2023 akan diadakan pengadaan alat Refrigerated Centrifuge dan Platelet Agigator melalui saya yang akan diproses di Provinsi Aceh," janji Asrizal yang juga Anggota DPRA itu.

Lebih lanjut, ada beberapa manfaat donor darah salah satunya dapat terdeteksi penyakit menular, Seperti Hepatitis B dan C , Syiphilis, HIV. Serta dapat mengencerkan darah dalam tubuh kita sehingga peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, mengurangi produksi zat besi yang berlebihan, panjang umur atau awet muda, dll.

Sedangkan, Ketua PMI Kota Langsa, Ir Sayid Abdurrahman MM, diwakili oleh Wakil Ketua PMI Kota Langsa, Ir T Iskandar Mirza M.Si, mengatakan tentunya jangan habis dana Otsus belum ada alat komponen darah untuk UDD PMI Kota Langsa dan sangat berharap respon Provinsi maupun pemerintah daerah.

"Kami dari pengurus minta mensupportnya agar disiapkan alat tersebut dalam bentuk hibah," terangnya.

Hal senada diutarakan Kepala UDD PMI Kota Langsa, dr Mawar Afrida M.Ked (Clin-Path) Sp.PK, mengatakan sebagai peringatan hari donor darah sedunia yang seyogianya dilaksanakan pada 14 Juni 2022, namun sedikit digeser karena berbagai persiapan.

Adapun tujuan dan sasaran dilaksanakan Hari Donor Darah Sedunia adalah dimana masyarakat mau berpartisipasi dalam mendonorkan darahnya dan peduli sesama, karena satu-satunya obat yang tak dapat di ciptakan manusia yaitu darah, jadi solusi pengobatannya melalui dari manusia ke manusia, kami hanya perpanjang tangan untuk mengelola darah tersebut agar aman dan sehat untuk di pergunakan bagi pasien yang sangat membutuhkannya. Kebutuhan darah setiap di kota Langsa  perbulannya mencapai 500 hingga 600 kantong darah, meskipun saat ini hanya tercapai sekitar 400 kantong darah," kata dr Mawar.

Namun demikian, UDD PMI Kota Langsa selalu mengajak masyarakat luas untuk mendonorkan darahnya secara rutin untuk pria dapat mendonorkan darahnya minimal 60 hari, 75 hari dan 90 sedangkan wanita 90 hari sekali agar stock darah selalu tersedia bila ada permintaan dari pasien berbagai Rumah Sakit di Kota Langsa, Aceh Timur Bahkan Aceh Tamiang.

"Terimakasih kepada Pengurus PMI teman-teman UDD serta para sponsor yang membantu kegiatan ini, dan Suzuya Mall Langsa yang telah menyediakan tempat maupun berbagai bantuan lainnya," terang Mawar.

Ditambahkan dr Mawar, saat ini UDD PMI Kota Langsa sangat membutuhkan alat Refrigerated Centrifuge dan Platelet Agigator yang kini belum dimiliki pihaknya.

Dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia mengusung tema 'Mendonorkan darah adalah suatu tindakan solidaritas bergabunglah dan selamatkan nyawa'.

Pendonor darah dalam kesempatan ini diberikan paket sauvenir dari UDD PMI Kota Langsa dan juga paket sauvenir dari Suzuya Mall Langsa, selanjutnya ada berupa 100 hadiah doorprize menarik dan tambahan 30 paket hadiah lagi dari berbagai Sponsor, serta santunan 40 orang anak Thalesemia, juga ada snack dari Pak Zoel (Koki MCI 9) berupa 100 paket Sepagety.

Asisten Manager Building, Suzuya Mall Langsa, Hardiansyah, mengatakan dengan adanya pelaksaan donor darah sedunia ini mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang dan pihaknya akan terus memberikan support. 

"Kedepan kita juga akan terus agenda kegiatan serupa dengan menggandeng UDD PMI Kota Langsa lagi dan bahkan kita siap untuk berbagai event besar lainnya," ujarnya.

Hardiansyah mengatakan pihaknya telah menyiapkan bingkisan untuk para pendonor dan anak-anak Thalasemia dan ini merupakan bentuk kepedulian pihak Suzuya Mall Langsa.

"Semoga apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi adik-adik kita yang penderita Thalasemia dan terimakasih buat UDD PMI Kota Langsa," tandasnya. 

Humas UDD PMI Kota Langsa Hengki Syahjaya, SE menambahkan kegiatan ini berjalan lancar dan sukses dengan memperoleh darah sebanyak 146 Kantong terdiri dari berbagai golongan darah, A sebanyak 33, B: 40, O: 55, AB: 18.

Hengki juga mengucapkan terima kasih kepada para pendonor darah semoga Berkah dan sehat selalu sehingga terus dapat berbagi sesama dan para sponsor yang telah berpartisipasi membantu mensukseskan kegiatan donor darah ini. Adapun para sponsor yang telah membantu, Walikota  Langsa, Sekwan dan Wakil Ketua I DPRK, RSUDL, RSCM, RSSAAS, RSZM, RSGB, BAS, BSI KC 1&2, TELKOM, PT.PRIMA, BPJS Kesehatan dan SUZUYA Mall Langsa.

Turut Hadir Sekwan dan Wakil Ketua I DPRK Langsa, Kadinkes Kota Langsa, dr. M. Akbar, Bunda Marsiah RSUDL,Warek III Bidang Kemahasiswaan, Universitas Samudera Langsa, M Zufri, pihak Suzuya, Pak Joel MCI 9, Sekretaris PMI Zakirullah Syafei S.Kep, M.Biomed, Bendahara PMI, Ngatiman SPd, Putra Zulfirman dan Pengurus PMI Lainnya, Danki Brimob Aramiah beserta personilnya, Kabag Sumda Armia didampingi Rudi, Personil TNI Kodim 0104, serta para undangan lainnya termasuk pendamping dan orang tua Anak-anak Thalesemia.(HSJ)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "UDD PMI Kota Langsa dan SUZUYA Mall Donor Darah dan Santuni Penderita Thalasemia"