UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel Studi Tour di Kampung Donor Karangduren

CERITARELAWAN.ID, Jember – PMI Kabupaten Jember aktif melakukan inovasi untuk menjaga stok darah di ruang penyimpan unit donor darah (UDD). Salah satunya dengan mendukung penuh elemen masyarakat mendirikan kampung donor. Kampung donor bermunculan di Kabupaten Jember yang didirikan elemen masyarakat dengan didukung penuh UDD PMI. Salah satunya Kampung Donor di Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember. 

Bahkan, inovasi kampung donor PMI Kabupaten Jember mendapatkan apresiasi dari Provinsi Sulawesi Selatan. Selasa, 21 Juni 2022, tim Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Tranfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel bersama perwakilan 8 rumah sakit secara khusus melakukan studi tour ke PMI Kabupaten Jember. Salah satunya akan berkunjung ke Kampung Donor Karangduren yang dijadwalkan menggelar donor darah bersama UDD PMI Kabupaten Jember. 

Kampung Donor darah Karangduren aktif menggelar donor darah sukarela bersama tim mobil unit (MU) UDD PMI Kabupaten Jember. Tak sekedar donor darah, pengurus yang rata-rata anggota Karangtaruna Desa Karangduren aktif melakukan berbagai inovasi agar para relawan pendonor juga aktif donor darah, setidaknya dua bulan sekali di Balai Desa Karangduren. Salah satunya menyediakan berbagai souvenir menarik sampai doorprize. 

Souvenir dan doorprize tersebut berkat iuran pengurus dan para donator yang tidak mengikat di Desa Karangduren dan sekitarnya. Tak heran, setiap ada kegiatan donor darah sukarela, Kampung Donor Karangduren hampir selalu ramai. Rata-rata ada sekitar 100 pendonor yang ambil bagian dalam donor darah. 

“Alhamdulillah Kampung Donor Karangduren di Kecamatan Balung aktif melalukan donor darah. Tokoh masyarakat setempat selalu inovatif dan kreatif dalam kegiatan donor darah sukerela dengan bag-bagi hadiah menarik bagi pendonor yang lolos,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. 

Dia menjelaskan, sudah ada beberapa kampong donor di Kabupaten Jember. ‘Sudah ada Kampung Donor Kidul Besuk Kecamatan Ajung, Kampung Donor Karangduren Kecamatan Balung dan Kampung Donor Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul, kini kita mendorong beberapa tempat yang aktif melakukan donor darah untuk menjadi kampung Donor,” ungkapnya

Dengan Kampung Donor ini, sambungnya, stok darah di UDD PMI Kabupaten Jember terjaga. Pasalnya, relawan pendonor di masing-masing kampung donor cukup banyak. “Kampung Donor sekarang  menjadi motor untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela di sejumlah Desa Kabupaten Jember,” imbuhnya. 

Zaenal Marzuki menuturkan, Kampung Donor merupakan satu inovasi dalam menghimpun darah untuk menjaga stok darah di UDD PMI Kabupaten Jember. “PMI Kabupaten Jember juga mendirikan gerai donor di Markas PMI Kabupaten Jember dan Gerai Donor di Klinik Pratama di Jubung agar pendonor tidak perlu jauh jauh ke UDD PMI jl Srikoyo,” imbuhnya.

PMI Kabupaten Jember juga membentuk Duta Pendonor  yang berasal dari pemuda dari SMA/SMK atau mahasiswa. Para duta pendonor ini aktif melakukan sosialisasi pentingnya donor darah. 

Selain itu, PMI Kabupaten Jember juga mendorong sekolah, dan pondok pesantren yang ada sekolah atau kampusnya  memiliki Palang Merah Remaja (PMR) Korps Sukarela (KSR). PMR dan KSR didorong untuk menyelenggarakan donor darah aktif. Khusus PMR, untuk menjaring pendonor darah pemula. (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel Studi Tour di Kampung Donor Karangduren"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata