UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel Studi Tiru ke Kampung Donor Karangduren

CERITARELAWAN.ID, Jember - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Transfusi Darah Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengapresiasi tinggi Kampung Donor Darah di Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember. UPT Transfusi Darah Dinkes Prov Sulsel akan mendirikan kampung donor darah di Makasar.

Itu disampaikan Sumariaty Sofyan, kepala tata usaha UPT Transfusi   Darah Dinkes Provinsi Sulsel.

"Kampung donor Karangduren di Kabupaten Jember ini sangat inspiratif,  kami akan mendirikan kampung donor serupa untuk melestarikan pendonor dj Makassar," kata Sumariaty disela sela studi tiru di Kampung Donor Karangduren yg berada di Balai Desa Kampung Donor, Selasa 21 Juni 2022.

UPT Transfusi Darah Dinkes Provinsi Sulsel mengajak pengelola Unit Donor Darah Rumah Sakit (UDDRS)  dari 8 rumah sakit di Sulsel.

Sumariaty mengakui, banyak inovasi yang dilakukan PMI Kabupaten Jember."Ternyata banyak inpirasi muncul dari PMI Kabupaten Jember, tidak hanya Kampung Donor tetapi juga inovasi yang lain seperti pelayanan mobil jenazah, kehumasan juga," Imbuhnya.

Titin Ariani, koordinator Kampung Donor Karangduren menjelaskan, semangat donor darah masyarakat cukup tinggi. 

"Alhamdulillah, semangat warga Desa Karangduren untuk donor terus meningkat," tutur Titin.

Dia menjelaskan, kampung donor diinisiasi beberapa pemuda."Awalnya beberapa pendonor aktif asal Karangduren sering kumpul saat ada kegiatan donor darah di Balung. Saat ikut kita inisiatif adakan donor darah sendiri dibarengi hadiah dan dooprize. alhamdulillah berjalan sampai sekarang," ujarnya.

Dia menjelaskan setiap ada kegiatan donor darah disiapkan berbagai hadiah atau doorprize."Yang rutin kita berikan berupa bibit tanaman, kadang suvenir lainnya. Kalau pas Agustus banyak doorprizenya sekalian peringatan HUT Kemerdekaan RI," ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH Mengatakan Kampung Donor Karangduren yg pertama berdiri di Jember.

"Kampung Donor Karangduren ini perintisnya, baru kemudian diikuti Kampung Donor Besuk Kidul Kecamatan Ajung," imbuhnya.

Kini, sambungnya, PMI Kabupaten Jember terus menambah kampung donor."Saat ini banyak yg mengajukan untuk mendirikan Kampung Donor,"  imbuhnya. 

Rahman Hidayat, Camat Balung menegaskan mendukung kampung donor."Kami ucapkan banyak terima kasih kepada anggota karang taruna Karangduren yg menginisiasi Kampung Donor, kami mendukungnya," kata Rahman Hidayat.

Rahman mengaku menjadi sekretaris camat (sekcam) sembilan tahun. Jabatan Sekcam sekaligus menjadi ketua PMI kecamatan. 

" Saat saya jadi sekcam sering membantu kegiatan donor darah," tutur Rahman Hidayat.

Puluhan relawan pendonor kemarin berduyun duyun ke Balai Desa untuk ikut donor darah.Mereka tampak antusias mengikuti donor darah yang diselenggarakan UDD PMI Kabupaten Jember.(amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "UPT Transfusi Darah Dinkes Sulsel Studi Tiru ke Kampung Donor Karangduren "