Jaga Stok Darah, PMI Pamekasan Kembali Gagas Program Terobosan

ceritarelawan.idPamekasan – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, kembali menggagas dan melakukan program terobosan guna menambah sekaligus mengamankan keberadaan stok darah di unit setempat.

Hal tersebut disampaikan Kepala UDD PMI Pamekasan, dr Achmad Syafirullah dalam rangka menjaga keamanan stok darah di unit yang dipimpinnya. Salah satunya melalui program yang digalang Pencari dan Pelestari Donor Darah Sukarela alias P2D2S.

“Dalam beberapa pekan terakhir, kami sedang melakukan beberapa program terobosan untuk memastikan stok darah aman. Salah satunya melalui program yang digalang P2D2S, yakni SBDP (Sustainability Blood Donate Programe) dan P2B (Program Donor Darah Berkelanjutan),” kata dr Achmad Syafirullah. Kamis (14/7/2022).

Langkah tersebut sengaja dilakukan dengan menggandeng sejumlah mitra dari unsur lembaga berbeda, mulai dari lembaga pemerintahan maupun swasta. “Giat ini kita lakukan sebagai upaya untuk menjaga stabilitas ketersediaan stok darah di Pamekasan,” ungkapnya.

“Apalagi selama pandemi Covid -19 sejak dua tahun terakhir, kami harus bekerja ekstra keras untuk selalu menjaga kebutuhan stok darah. Di antaranya dengan menerapkan kebijakan pendonor pengganti yang menjadi langkah strategis mengantisipasi kekurangan stok darah,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sempat menggelar silaturrahmi dengan tajuk kopi darat bersama Koordinator Donor Darah di Pamekasan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan stok darah di unit setempat. “Pada saat itu, kami komitmen agar donor darah berkesinambungan dan berkelanjutan,” tegasnya.

Tidak kalah penting, pihaknya juga sangat berharap dukungan dari semua pihak untuk bersama memastikan keamanan dan ketersediaan stok darah di Pamekasan. 

“Tentunya tidak mungkin kami bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari semua elemen masyarakat, sehingga hal itu sangat kami harapkan,” pintanya.

“Terlebih selama ini kebutuhan stok darah di Pamekasan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya sejumlah fasilitas kesehatan yang melayani rawat inap, tentunya hal itu juga membutihkan tranfusi yang relatif banyak,” pungkasnya.

Berdasar udpate ketersediaan stok darah di UDD PMI Pamekasan, meliputi sebanyak 24 kantong darah golongan A, sebanyak 70 kantong darah golongan B, sebanyak 90 kantong darah golongan O, serta sebanyak 14 kantong darah golongan AB. (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "Jaga Stok Darah, PMI Pamekasan Kembali Gagas Program Terobosan"

Get new posts by email: