Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMPN 11 Magelang


ceritarelawan.id, Magelang – Memasuki sekolah baru merupakan moment yang dinantikan oleh siswa sekolah, termasuk siswa SD yang telah lulus dan masuk ke bangku SMP. Diawal usia remaja, siswa SMP memasuki fase penting dalam tumbuh kembang. Dimasa ini terjadi perubahan psikis, diantaranya mulai timbul rasa tertarik dengan lawan jenis.

Selain itu di usia remaja juga terjadi perubahan fisik yang dipengaruhi berbagai hormon termasuk hormon reproduksi sebagai tanda bahwa mulai berfungsinya organ reproduksi. Sehingga diperlukan edukasi sedini mungkin untuk meningkatkan pengetahuan mereka.

Dalam rangka menjalankan program kerja SMPN 11 Magelang menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama 3 hari, mulai dari tanggal 11 - 13 Juli 2022.

Peserta MPLS SMP Negeri 11 Magelang adalah seluruh siswa baru tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 222 orang, terdiri dari laki-laki 130 orang dan perempuan 92 orang.

Agung Bayu Cahyono guru SMPN 11 Magelang mengatakan, sebagaimana kita maklumi bersama bahwa peserta didik yang masuk pada lembaga pendidikan itu berasal dari sekolah yang berbeda, untuk menyamakan dan mempersatukan mereka diawali dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Selain itu juga dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah baru lebih dahulu dikenalkan pada lingkungan sekolah yang baru, mulai dari cara belajar, bahan pengajaran yang diperlukan juga hak dan kewajiban mereka sebagai peserta didik yang baru, segala macam kegiatan dan keperluan yang berhubungan dengan pendidikan yang dikenalkan dulu kepada mereka pada kegiatan tersebut. 

"MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) bertujuan agar peserta didik mempunyai kesan yang positif dan menyenangkan terhadap lingkungan pendidikan di tempat barunya. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan berbagai hal yang menggembirakan sambil tetap mempelajari sesuatu yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik dan sosialnya maupun dengan cara-cara belajar yang baru, termasuk norma-norma khusus ( rule / code or conduct ) yang berlaku di lingkungan sekolah barunya". Ungkanya

"Selama MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) siwa akan dibekali kebijakan sekolah, profil sekolah, wawasan kebangsaan, penguatan profil pelajar pancasila, protokol kesehatan pada pembelajaran, tata tertib sekolah, proses pembelajaran dan penilaian, pengenalan SIP cemerlang dan classroom, diskusi, budaya dan culture sekolah, dan bahaya narkoba.". Jelasnya

"Seraya memanjatkan puji kepada Allah Yang Maha Kuasa, bahwasanya program kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru ini telah selesai disusun walaupun tak luput dari berbagai kekurangan dan keterbatasan. Semoga Program Kerja ini dapat dijadikan bahan acuan dalam melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru, sehingga dengan demikian kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar tertib dan aman. Demikian pula dengan adanya program kerja ini, kami berharap setidaknya dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang biasanya tanpa disadari dilakukan dalam kegiatan kependidikan". Tambahnya 

Sementara itu, Rian Amaranto, S.Kom, M.Pd selaku ketua panitia dan sekaligus Waka Kesiswaan menambahkan, Kami berkeyakinan bahwa kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru ini merupakan bagian integral yang tak dapat dipisahkan dengan kegiatan-kegiatan lain dalam rangka menyukseskan keberhasilan pendidikan putra-putri kita. Oleh karena itu teguran, pendapat saran ataupun kritik yang sifatnya konstruktif dari semua pihak yang peduli terhadap pendidikan akan senantiasa kami terima dengan lapang dada demi penyempurnaan ke arah yang lebih baik lagi". (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMPN 11 Magelang "

Get new posts by email: