PMI Cilegon Gelar Ngopi Mantab

ceritarelawan.id, Cilegon – Dalam upaya mewujudkan masyarakat aman dan tangguh bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon melalui inisiasi program Ngobrol Pintar Masyarakat Aman dan Tangguh Bencana (Ngopi Mantab) pada edisi ke-10 dengan tema “Gerakan Membangun Masyarakat Aman dan Tangguh Bencana (Gerbang Mantab)” yang diselenggarakan di Mako Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banten, di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak – Kota Cilegon

Hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Lanal Banten, Letkol Laut (P) Dedi Komarudin, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten, Adil Triyanto , Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis, Kepala Markas PMI Kota Cilegon, Nurwarta Wiguna, Kepala Unit Donor Darah, dr. Arriadna Kepala BMKG Serang, Nurhuda , Ketua PMI Kecamatan Pulomerak, H. Hedi Jamhari, RT. 04 Lingkungan Palm Hills, SAR MTA Cilegon, SD Peradaban Cilegon, Yayasan Mengetuk Pintu Langit serta instansi terkait lainnya.

“Perlu pemahaman, perlu kita susun bersama protap, apabila terjadi bencana, yang jelas langkah pertama itu adalah supaya masyarakat meminimalkan bahkan mentiadakan korban jiwa, nah ini tujuan utama menurut kami” pungkas Komandan Lanal Banten, Letkol Laut (P) Dedi Komarudin, Selasa (19/7/2022)

Lebih lanjut, Dedi dalam kesempatan itu pihaknya berharap kegiatan Ngopi Mantab tersebut dapat melahirkan rumusan kebijakan dalam mewujudkan masyarakat yang aman dan tangguh bencana

“Semoga kegiatan ini bisa melahirkan rumusan kebijakan serta aksi nyata yang menjadi rekomendasi bersama kita kedepan dalam mewujudkan masyarakat Kota Cilegon Aman dan Tangguh Bencana” terangnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis dalam kesempatan itu menyampaikan dari kegiatan ngopi mantab tersebut, beberapa rekomendasi dari kegiatan itu satu persatu direalisasikan kepada masyarakat, salah satunya dengan melakukan pembekalan manajemen TDB bagi pengurus RT-RW di Kota Cilegon.

“Terimakasih pak Danlanal Banten yang telah memfasilitasi kegiatan Ngopi Mantab edisi ke-10 ini, beberapa rekomendasi kegiatan ngopi mantab satu persatu kita lakukan dengan berintegrasi dengan instansi kebencanaan di Kota Cilegon, seperti bulan kemarin kami menyelenggarakan pelatihan dasar manajemen tanggap darurat bencana bagi pengurus RT / RW di Kota Cilegon yang digelar di Kecamatan Pulomerak. Relawan termasuk RT RW yang kita latih kemarin mereka sudah tau apa yang harus diperbuat ketika terjadi pengungsian, minimal dasar-dasarnya seperti asessmen” jelas Lubis

Lebih lanjut, dijelaskan juga secara prinsip semua usulan dan masukan masukan dari seluruh stakholder ini bisa lakukan, kita bersama-sama menghadap pak walikota menyampaikan hasil dari kegiatan ngopi mantab ini dari edisi pertama sampai edisi ke sepuluh ini”. jelasnya.(*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url