PMI Sumbar siap lahirkan SDM Berkompeten dan Bersertifikat BNSP

CERITARELAWAN.ID, Padang - Hari ini sebanyak 12 orang personil PMI di Sumatera Barat mengikuti Uji Kompetensi Sertifikasi Profesi  yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Palang Merah Indonesia (LSP-PMI) di Tempat Uji Kompetensi, Markas PMI Provinsi Sumatera Barat (3/7).  

Zaitul Ikhlas Saad, selaku Plt. Ketua PMI Sumbar mengatakan peserta merupakan Staf Markas dan Relawan yang memiliki kiprah yang luar biasa dalam menjalankan tugas kemanusiaan bersama PMI.

“Kita mengutus 4 orang dari Markas Provinsi, 8 orang berasal dari PMI Kabupaten/Kota”, jelasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa PMI Provinsi Sumatera Barat juga telah resmi menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) LSP-PMI di Sumatera Barat. 

“Alhamdulillah, PMI Sumbar sudah punya lisensi dan asesor yang kompeten, jadi sudah layak memfasilitasi seluruh masyarakat Sumbar yang ingin mengikuti Uji Kompetensi.” Terang Zaitul

Kepala Bidang Sertifikasi LSP-PMI, Wuri Widiyanti yang langsung mendampingi Uji Kompetensi ini mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana atas dukungan Korean Internasional Cooperation Agency (KOICA). Sertifikasi ini bertujuan untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dimiliki SDM PMI. 

Menurutnya, pengalaman dan pelatihan yang telah dijalankan oleh personil PMI hingga saat ini, layak untuk mendapatkan pengakuan resmi dari negara. 

“SDM PMI juga berhak memperoleh sertifikat profesi yang diakui negara yang dikeluarkan BNSP”, tegas Wuri.

LSP-PMI menugaskan sebanyak 6 orang Asesor, 2 orang dari LSP-PMI Pusat yang terletak di Kota Semarang, 4 orang lainnya adalah asesor yang berasal dari PMI Provinsi Sumatera Barat. Uji Kompetensi dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai sejak hari Jum’at, 1 Juli. 

Adapun hasilnya yang disampaikan Wuri pada hari ini, 12 orang peserta yang mengikuti uji kompetensi sertifikasi profesi tersebut dinyatakan kompeten dan direkomendasikan untuk mendapatkan sertifikat profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).(*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url