Relawan PMI Kebumen di latih Manajemen Posko dan Pusdatin

Relawan PMI Kebumen di latih Manajemen Posko dan Pusdatin
CERITARELAWAN.ID, Kebumen - Dalam upaya peningkatan kapasitas relawan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen mendapat dukungan penuh Japanese Red Cross Society (JRCS) menggelar pelatihan manajemen posko dan pusat data informasi (Pusdatin).

Acara berlangsung selama tiga hari Pada 1-3 Juli 2022 bertempat di Jemur Adventure Park. Diikuti 30 relawan dari unsur Korp Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR) dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT).

Mengundang narasumber handal dihadirkan empat fasilitator yakni Uko Ferdianto, S.T dari BPBD Kebumen, Agus Wibowo fasilitator PMI Provinsi Jateng, Alwan Rifai fasilitator PMI Banjarnegara, dan Robiatul Adawiyah yang merupakan fasilitator internal PMI Kebumen disambut antusias oleh peserta pelatihan.

Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto turut mengapresiasi semangat para relawan dalam mengikuti pelatihan dan akan menambah jejaring lebih luas untuk Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops)

Tentunya kami sangat senang melihat semangat belajar teman-teman relawan dalam rangka pelatihan manjemen posko yang di dukung penuh oleh palang merah jepang ini dapat memperkaya ketrampilan sumber daya manusia utamanya untuk posko PMI Kabupaten Kebumen. Disamping itu tentu sangat jelas bersama Pak Uko BPBD relawan PMI dapat menambah relasi dalam Pusdalops di Kabupaten Kebumen kedepannya Ujarnya

Sementara itu Plt Kepala Markas PMI Kebumen Muhammad Muslim Mustofa mengatakan, agenda pelatihan manajemen posko sudah terstrukur dan terukur mengingat pelayanan posko PMI Kebumen 24 jam untuk masyarakat agar dapat diberikan secara optimal. (pipiet/amin)

Lokalatih manajemen posko merupakan agenda yang terstruktur dan terukur, mengingat PMI Kebumen membuka layanan posko 24 jam, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas relawan PMI dalam upaya menunjang pelayanan agar semakin prima dan optimal dengan memaksimalkan peralatan posko dan menugaskan tim yang terlatih. Ujar Muslim Mustofa

Dibekali sejumlah materi diantaranya diantaranya Jejaring dan Kemitraan, linkage Pusdalops, Mekanisme Tanggap Darurat Bencana serta materi penunjang lainnya meliputi Struktur dan Mekanisme Posko PMI, sistem analisis dan pemrosesan data,  EWEA, Assesment, Radio komunikasi, serta pelaporan dan simulasi.


ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "Relawan PMI Kebumen di latih Manajemen Posko dan Pusdatin"

Get new posts by email: