HUT RI 77, Reog Ponorogo Tampil di Istana Negara

Atraksi seni Reog Ponorogo menyemarakan upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE SETPRES
ceritarelawan.id, Jakarta - Atraksi seni Reog Ponorogo menyemarakan upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022). Atraksi itu dimulai sebelum upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Dari pantauan MNC Portal di lapangan, setidaknya ada sekitar 15 dadak merak yang turut menari dalam atraksi tersebut.

Dadak merak itu turut berlenggak-lenggok diiringi dengan musik khas Ponorogo. Ketika musik berdendang, para penari berbaju hitam dilengkapi senjata khas Ponorogo itu langsung menari.

Dalam atraksi itu, setidaknya melibatkan 175 personel. Dari jumlah itu, 150 orang di antaranya merupakan penari. Sementara 25 orang lainnya pemusik.

Sebagai informasi, dalam upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI, akan dibacakan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Tak hanya itu, prosesi pengibaran Bendera Merah Putih dan atraksi flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU juga turut dilakukan dalam upacara tersebut. (*)