HUT RI 77, SMKN 2 Ponorogo Bentangkan Bendera Raksasa


ceritarelawan.id, Ponorogo - Untuk menyambut peringatan HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia SMKN 2 Ponorogo kembali mengadakan upacara setelah dua tahun tidak dilaksanakan upacara yang melibatkan siswa karena pandemi. 

Farida Hanim Handayani S.Pd, M.Pd Kepala SMKN 2 Ponorogo kegiatan kali ini cukup spesial dalam menyambut HUT Republik Indonesia ke-77 dengan mengusung tema “Bentuk Implementasi Profil Pelajar Pancasila dengan Wujud Pembentangan Bendera Raksasa”.
 
Suasana pelaksanaan peringatan HUT RI ke-77 ini semakin meriah, selain karena pembentangan bendera raksasa juga ada penampilan drama kolosal yang di perankan oleh siswa SMKN 2 Ponorogo yang berlangsung dengan penuh antusias.

“Butuh kolaborasi yang baik bagaimana mimpi membentangkan bendera raksasa ini dapat terlaksana. Butuh proses yang panjang dalam mewujudkannya. Darimana kainnya, dana yang harus dikeluarkan, siapa yang menjahitnya, dan juga target yang dibutuhkan dalam pembuatan bendera raksasa ini. Semua harus dipikirkan dengan matang". Ungkapnya

“Sebuah karya yang digarap secara apik pastinya melibatkan beberapa pihak terkait, oleh karena itu saya harap tercipta kolaborasi yang baik antara UK Kesiswaan, Osis, Guru dan seluruh siswa. Sebagai Kepala Sekolah, saya mendukung penuh semua kegiatan untuk dapat mewujudkannya pembentangan bendera raksasa merah putih ini. Kita bantu dalam mencari sumber dana untuk pengadaan kain merah putih dari sponsorship dunia kerja dan rekanan. Alhamdulillah dan saya ucapkan terimakasih karena mereka juga sangat mendukung untuk pelaksanaan kagiatan ini. Disamping itu juga perlu ada pemberian piagam bintang kebaikan kepada guru dan siswa berprestasi” Jelasnya

"Bukan hal baru bendera raksasa dikibarkan guna memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia. Namun dengan filosofi dan proses pembuatan bendera raksasa yang dijahit langsung oleh siswa, menjadikan momen peringatan kali ini begitu spesial bagi warga SMKN 2 Ponorogo". Tambahnya

Sememtara itu, guru Tata Busana SMKN 2 Ponorogo, bendera raksasa ini sangatlah spesial. Dari segi proses pembuatan hingga makna dari bendera raksasa ini, tersirat kegigihan siswa dalam membuat bendera berukuran yang sangat fantastis tersebut.

“Dimulai dari proses pengerjaannya yang dilakukan oleh 17 siswa menggambarkan tanggal kemerdekaan, dilanjutkan dengan lebar bendera yakni 8 meter yang menggambarkan bulan kemerdekaan dan yang terakhir panjang bendera bendera yakni 77 meter menggambarkan genapnya 77 tahun negara kita meraih kemerdekaan. Selain itu bendera yang digadang-gadang menjadi tokoh utama ini menggunakan bahan kain satin, yang bersifat ringan dan jatuh dimana nantinya akan memberikan kesan bergelombang saat bendera tersebut tertiup angin”, tutur Nila Mawarti, S.Pd selaku guru Tata Busana SMKN 2 Ponorogo.

"Selama pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari berbagai persiapan sampai pada hari H, mengimplementasikan profil pelajar pancasila. Dimana ke-6 dimensinya selalu dijadikan pedoman dalam setiap kegiatan yang diadakan SMKN 2 Ponorogo. Ke-6 dimensi tersebut diantaranya adalah Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Gotong Royong, Kreatif, Bernalar Kritis, dan Mandiri". Jelasnya

Bukan hanya itu, siswa sangat bersemangat dalam pembuatan bendera raksasa ini. Khususnya siswa program keahlian Tata Busana,  mereka saling bahu membahu dalam peringatan HUT Republik Indonesia ke-77 ini dengan mempersembahkan bendera merah putih berukuran raksasa yakni 8x77 meter dengan penuh rasa bangga. Mereka menjahit bendera raksasa tersebut selama 2 hari dan bertempat di UP (Unit Produksi) Tata Busana.

“Ada beberapa kendala yang dihadapi, tetapi akhirnya kami bisa menghadapi itu semua. Seperti dalam proses penjahitan bendera raksasa, kami juga mendapat kesulitan. Selain ukurannya besar yang berbeda dengan bendera pada umumnya, bahan yang digunakan untuk membuat bendera raksasa itu sangat lembut dan licin membuat kami ekstra hati-hati dan teliti dalam proses pengerjaannya. Sekali salah, serat kain ini bisa saja rusak. Kami juga selalu menjaga bendera raksasa itu agar tetep bersih. Intinya kami merasa senang dan bangga karena bisa menjahit bendera kebanggaan Republik Indonesia, kami juga mengucapkan terima kasih sudah dipercaya untuk menjahit bendera raksasa tersebut” pungkas Mirna Dwi P siswa kelas XII Tata Busana SMKN 2 Ponorogo. (tarmin/amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "HUT RI 77, SMKN 2 Ponorogo Bentangkan Bendera Raksasa"

Get new posts by email: