Ratusan Siswa Ikut PMR SMPN 3 Jember


ceritarelawan.id, Jember – Minat siswa sekolah menengah pertama (SMP) untuk menjadi relawan PMI di Palang Merah Remaja (PMR) cukup tinggi. Itu terlhat saat  ekstrakurikuler PMR Madya SMPN 3 Jember melakukan sosialisasi tentang PMR bersama PMI Kabupaten Jember, Senin 1 Agustus 2022. 

Ratusan siswa baru SMPN 3 Jember antusiasi mengikuti acara yang digelar di aula sekolah tersebut.

PMR merupakan organisasi kemanusian yang berada ditaraf remaja dimulai tingkatan SD, SMP, dan SMA. Organisasi PMR merupakan bagian dari PMI yang merupakan Organisasi Kemanusiaan Terbesar dan di Lindungi oleh Undang - undang. 

Organisasi PMR tingkat Madya merupakan PMR yang berada di tingkat SMP dimana usia SMP perlu di perkenalkan tentang Kepalangmerahan untuk menumbuhkan rasa sosial dan kedisipilinan di kalangan siswa. 

Kegiatan Sosialisasi dan pengenalan dilakukan didepan ratusan siswa baru. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan apa itu PMR kepada siswa baru SMP Negeri 3 Jember. Sekaligus menjadi wadah bagi anggota PMR tingkat MADYA (PMR Usia SMP) untuk direkrut menjadi calon Anggota baru Relawan Muda PMI. 

Dalam sosialisasinya Fasilititator PMI Kabupaten Jember mengenalkan kegiatan PMR tingkat Madya sekaligus memperkenalkan tentang tugas, serta fungsi PMR di lingkup sekolah dan keluarga. 

"Saya ikut EKSKUL PMR itu biar saya bisa bantu orang lain, teman sekolah, teman bermain. Selain itu saya punya cita cita menjadi dokter karena bagi saya bisa membantu orang itu keren,"ujar Melianta Belvina Ignasia salah satu siswa kelas 7 calon anggota ekskul PMR.

"Saya ikut ekskul PMR agar saya mengerti cara membantu orang lain apa bila ada yang membutuhkan pertolongan. Selain itu saya punya cita cita menjadi seorang dokter dan saya berharap ekskul PMR bisa jadi batu loncatan saya untuk meraih cita cita saya," ujar Mochammad Irza Maulana siswa kelas 8 calon anggota ekskul PMR. 

"Ini merupakan awal mula ekskul PMR aktif kembali setelah hampir dua tahun fakum karena pandemi covid-19. Diharapkan calon relawan muda yang merupakan anggota PMR SMPN 3 Jember ini mampu berkontribusi besar bagi sekolah, Palang Merah Indonesia, dan mampu berprestasi di dunia Kepalangmerahan yang itu juga dibantu oleh arahan dan bimbingan fasilitator dari PMI," ujar Taufik Alfian S. Pd. pembina PMR SMPN 3 Jember. (*)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Ratusan Siswa Ikut PMR SMPN 3 Jember "