Relawan PMI Dilatih Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat

PMI Kebumen saat melatih Relawan tentang Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (foto pipiet/PMI Kebumen)
ceritarelawan.id, Kebumen - Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen mengadakan pelatihan fasilitator pertolongan pertama berbaais masyarakat. Kamis, (11/08/2022).

Acara berlangsung di Ruang Aula Markas PMI Kebumen diikuti 35 anggota relawan. Kegiatan yang merupakan dukungan Japanase Red Cross Society (JRCS) ini disambut antusias peserta pelatihan.

Acara dibuka oleh Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto mengatakan program pelatihan tersebut mampu menjadi peningkatan kapasitas pertolongan pertama dalam lingkungan masyarakat luas nantinya

“Berulang kali materi pertolongan pertama pasti diberikan untuk kalian semua, tapi yakinlah jangan bosen bosen ini sebagai bentuk ikhtiar kita untuk mengoptimalkan,meningkatkan kapasitas kita sebagai relawan yang mengemban amanah dana kemanusiaan. Yang nantinya setelah kegiatan ini kalian harus menjadi garda ketika masyarakat disekitar kalian terkena luka, cidera sekalipun korban bencana kalian dapat memberikan penangan-penanganan yang tepat tidak grusa grusu” Pungkas Sabar Irianto.

Diikuti dari unsur relawan serta anggota siaga bencana berbasis masyarakat (sibat) rencananya kegiatan akan digelar selama tiga hari mendatang. Menghadirkan narasumber handal Edi Purwanto dan Akbar Habib dari PMI Provinsi Jawa Tengah.

Para peserta dibekali beberapa materi diantaranya cidera jaringan lunak, bantuan dasar hidup, cidera otot rangka,  perdarahan &syok, anatomi & faal dan kegawatdaruratan medis.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan Dariman menyampaikan testimoninya setelah mengikuti pelatihan di hari pertama

"Kami merasa senang, yang jelas dalam pelatihan ini kami mendapatkan kesempatan belajar kembali terkait pertolongan pertama. Harapannya dapat mengikuti dari hari pertama sampai akhir sehingga kami bisa mengambil ilmu yang diberikan dan dapat menularkan kepada masyarakat yang lebih luas khususnya di desa kami," ujar Dariman. (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Relawan PMI Dilatih Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat "

Get new posts by email: