PMI Cilegon dan Warga Watu Lawang Berhasil Bangun Bak Penampungan Air

Bak Penampungan Air yang dibangun oleh PMI Cilegon dan Warga Watu Lawang (Foto Fahrullah)

ceritarelawan.id, Cilegon - Dalam menjalankan tugasnya membantu Pemerintah dibidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan berbagai aksi kemanusiaan baik pada masa Tanggap Darurat Bencana maupun masa normal dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk baru-baru ini juga PMI Kota Cilegon memberikan pendampingan pada masyarakat Lingkungan Watu Lawang, Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol - Kota Cilegon terkait Krisis Air Bersih.

Merespon kebutuhan air tersebut, bersama Pemerintah, PMI Kota Cilegon melakukan asessment pada tanggal 1 September 2022, atas dukungan dari donatur melalui PMI Kota Cilegon Bak Penampungan Air dititik pertama yang berlokasi disumur bor yang berada di Kampung Pasir Kelapa, Desa Pakuncen, Kecamatan Bojonegara - Kabupaten Serang yang merupakan wilayah perbatasan dengan Kota Cilegon.

"Alhamdulillah, berkat dukungan semua Pihak, Pemerintah, Masyarakat dan para donatur baik perorangan maupun perusahaan, Bak Penampungan Air dititik pertama berikut Rumah Pompa selesai dikerjakan.  Lebih kurang dua minggu, dari tanggal 4 - 15 September 2022, saat ini untuk pembangunan penampungan yang kedua sudah berjalan, PMI Kota Cilegon juga telah berkoordinasi dengan PMI Pusat terkait layanan Wash (Water Sanitation and Hygiene) untuk krisis air bersih ini." terang Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis, Minggu (25/9/2022)

Lebih lanjut, Lubis mengatakan PMI Kota Cilegon akan terus mengawal dan mendampingi masyarakat hingga selesai, air bersih bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dirumahnya masing-masing.

"Secara prinsip PMI Kota Cilegon akan mendampingi masyarakat terkait kebutuhan air bersih ini hingga selesai, tentunya dengan dukungan dari Pemerintah, Masyarakat dan Para Donatur yang telah membantu selama ini dan hingga nanti selesai, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan air tersebut untuk keperluan sehari-hari. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu." terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Pembangunan Sarana Air Bersih, Rusdi Syafei yang juga menjabat sebagai Ketua RT. 001 Lingkungan Watu Lawang pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah, PMI dan Para Donatur yang telah membantu dalam pembangunan sarana air bersih tersebut.

"Kami atas nama masyarakat tentunya hanya bisa mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah, PMI dan juga para donatur yang telah membantu kami untuk mendapatkan air bersih, kepada PMI Kota Cilegon yang telah membantu dan mendampingi kami diawal pembangunan sarana air bersih ini hingga selesai nanti, PMI bagi kami seperti orang tua kami yang hadir bersama masyarakat." ungkap rusdi

Dijelaskan juga, untuk saat ini tiang dan panel listrik sudah terpasang dititik bak penampunagan air pertama, untuk mesin pompa pendorong akan dilakukan percobaan setelah pembangunan bak kedua selesai, dan pembangunan bak ketiga/terakhir akan dilakukan setelahnya hingga nanti bisa dialirkan ke masyarakat untuk 3 Lingkungan atau Kampung yaitu Watu Lawang, Porod Lampung dan Pasir Kelapa.terangnya. (amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url