PMI Grobogan Latih Masyarakat Siaga Bencana

ceritarelawan.id, Grobogan - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan menyelenggarakan Pelatihan SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat). Puluhan orang dari unsur Perangkat Desa, PKK,serta Karangtaruna mengikuti Pelatihan  yang di gelar selama 3 hari, yakni tanggal 05-07 September 2022 di Balaidesa Ngembak Kecamatan Purwodadi. Senin (05/09)

Ketua PMI Grobogan, Dr.Ir.Moh Sumarsono, M.Si melalui Kepala Markas Djasman, S.Pd mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari.

"ada 20 peserta dari unsur Perangkat Desa,PKK serta Karangtaruna yang mengikuti pelatihan ini. Tujuannya adalah membekali masyarakat dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi bencana serta masalah kesehatan, bilamana ada bencana di masyarakat semua sudah tanggap." Ungkapnya.

Ia menjelaskan, ada sejumlah materi yang akan diberikan selama pelatihan, diantaranya tentang Kepalangmerahan, Pengorganisasian Masyarakat, VCA & PRA, Mitigasi Bencana, Peta BKRK, Sistem Peringatan dini, rencana aksi dan sejumlah materi lainnya.

Harapannya, bisa mengorganisasi masyarakat, mereka dapat melakukan tindakan preventif dan tindakan awal dalam menghadapi bencana, " Terangnya.

Gesit Kristyawan, salah satu Fasilitator sekaligus sebagai Kasi Pelayanan Masyarakat, menerangkan tentang Pelibatan Masyaralkat dalam merencanakan kegiatan untuk pengurangan risiko bencana dan kesehatan. 


Menurutnya, perlunya kajian – kajian yang tepat untuk  mengorganisir kebutuhan / kegiatan dalam untuk meminimalkan risiko yang ada."terangnya.

Selain itu Gesit menjelaskan bahwa Kegiatan SIBAT ini juga untuk merekrut relawan dari tingkat desa, sehingga menambah kapasitas SDM di PMI Kabupaten Grobogan.(ata/amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "PMI Grobogan Latih Masyarakat Siaga Bencana"

Get new posts by email: