Imam Utomo Buka Temu Karya Relawan PMI Se-Jatim


ceritarelawan.id, Surabaya - Ribuan relawan se-Jawa Timur mengikuti apel pembukaan Temu Karya Relawan (TKR) Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Timur yang berlangsung di halaman luar Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Senin (31/10/2022) pagi. Pimpinan Apel sekaligus membuka acara kegiatan yang digelar oleh PMI Jatim Bersama Pemkot dan PMI Kota Surabaya itu yakni Ketua PMI Jatim H.Imam Utomo. S.

Hadir dalam apel pembukaan TKR PMI Provinsi Jatim diantaranya Ketua Bidang PMR dan Relawan PMI Pusat Sasongko Tedjo, beberapa perwakilan dari Pemprov Jatim, Kota Surabaya, DPRD Jatim serta seluruh Ketua dan pengurus PMI 38 Kabupaten/Kota se-Jatim. Dalam kesempatan itu, Ketua PMI Jatim H.Imam Utomo dalam amanatnya pada pembukaan TKR mengapreasi kehadiran dan peran serta pengurus serta relawan PMI Kabupaten dan Kota se-Jatim. Karena relawan sangat efektif menjadi agen penguatan kebangsaan dan kepedulian terhadap sesama.

`Relawan adalah bentuk pengabdian, keikhlasan demi kemanusiaan. Kita tidak berharap dalam kesusahan. Tetapi kita tidak bisa mengelak jika Allah sudah mentakdirkan. Itulah yang menuntut kehadiran relawan yang mampu menangani dengan baik,` ujar Imam Utomo.

"Marilah kita membuka diri rela berbuat untuk orang lain. Utamanya mereka yang dalam kesusahan. PMI yang telah dinaungi dengan undang-undang nomor 1 tahun 2018 telah mendapat amanah dalam menangani masalah kemanusiaan. Dalam posisi itu, sangat bergantung kepada peran individu yang berada dalam barisan PMI. Prinsip yang diharapkan adalah bentuk layanan. Sehingga harus mudah, cepat, memuaskan. Perkuat jiwa sebagai pelayan masyarakat melalui Temu Karya Relawan". tambahnya.

Dalam apel yang dimeriahkan dengan tari remo massal siswa SD dan SMP Negeri dan Swasta se-Surabaya itu, juga diselingi dengan kegiatan bakti sosial berupa pemberian bingkisan kepada panti asuhan yang berada di Kecamatan Pakal, Surabaya.

Sebelumnya Ketua Panitia TKR PMI Jatim, Edi Purwinarto melaporkan bahwa kegiatan ini menjadi ajang temu, silaturahmi dan evaluasi relawan yang ada di Jatim. Sejauh mana kegiatan pelatihan yang sudah dilakukan PMI Kabupaten dan Kota di Jatim. `Karena lokasinya yang terbatas, sehingga ada batas maksimal tiap kontingen mengirimkan relawannya hingga 30 orang,` katanya.

Sedangkan kegiatan yang dilakukan diantaranya meliputi bidang temu, peningkatan kapasitas lokakarya kepalangmerahan, sosial media, citra organisasi, kesiapsiagaan individu serta kegiatan pertemuan relawan. Bidang karya meliputi pengembangan kapasitas asesmen, evakuasi, manajemen, informasi posko, peduli lingkungan. Bidang persahabatan meliputi, relawan favorit, parade budaya, pentas seni dan permainan persahabatan dan bazar.

Usai apel dilaksanakan foto bersama Ketua dan Pengurus PMI dengan semua kontingen peserta bergiliran. (*)