Menjadi Pewarta Warga Kekinian

ceritarelawan.id, Ponorogo - Saat ini dunia jurnalistik tidak hanya milik wartawan profesional saja tapi juga milik semua orang yang ingin berbagi informasi melalui citizen journalism (jurnalisme warga). 

Kehadiran internet atau media online terutama media sosial seperti blog, Instagram, Twitter, dan Facebook menjadikan era internet sebagai era "semua orang bisa menjadi wartawan".  

Semua orang juga bisa memiliki media sendiri secara online melalui blog, Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube bahkan bisa membuat radio online dan TV online sendiri. 

Citizen journalism merupakan aktivitas jurnalistik yang dilakukan oleh warga biasa atau warga umum di mana orang tersebut bukan wartawan. 

Konsep dari citizen journalism didasarkan pada warga masyarakat (public citizens) yang berperan aktif dalam proses pengumpulan, pelaporan, analisis, dan menyebarkan berita informasi. 

Berita atau informasi yang diproduksi pewarta warga disebarluaskan melalui berbagai media, baik media mainstream yang menyediakan ruang jurnalisme warga, maupun media milik warga sendiri seperti blog, buletin, radio komunitas, dan lain sebagainya. 

Dengan sedikit keterampilan menulis berita, mengedit foto dan video, semua orang bisa menjadi reporter. Untuk mendokumentasikan maupun melaporkan setiap peristiwa yang mereka lihat dan dengar sebagaimana layaknya wartawan profesional.

Masyarakat pada umumnya diberikan kebebasan untuk memberitakan dan melaporkan peristiwa atau kejadian yang dekat dengan lokasi tempat tinggalnya. Artinya, siapa saja dapat menyebarkan berita atau informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan bukan berita hoaks. 

Dengan menggunakan teknologi informasi yang tersambung ke internet, citizen journalism dapat meliput dan mendistribusikan atau mengirimkan berita ke media massa. 

Secara sadar maupun tidak, dengan sengaja maupun tidak sengaja, citizen journalism telah menuliskan berita atau informasi dengan ragam bahasa mereka sendiri. 

Hadirnya citizen journalism dapat membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat. Mengapa? Karena berbagai berita atau informasi yang dibutuhkan khalayak tidak selalu terpenuhi oleh media massa konvensional (umum).

Berita atau informasi dari citizen journalism ini dapat melengkapi atau menambahkan tulisan wartawan profesional yang dinilainya kurang lengkap. 

Selain itu, citizen journalism juga dapat membantu wartawan profesional dengan memberikan kritik atau pendapatnya mengenai tulisan yang ditulis oleh wartawan profesional.

Menjadi citizen journalism yang baik tentunya harus memperhatikan beberapa hal di antaranya adalah (1) kelayakan berita, (2) teknik peliputan, (3) wawancara, (4) menulis berita, dan (5) penyuntingan. 

Sumber literasidigital
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Menjadi Pewarta Warga Kekinian"

Get new posts by email: