55 Relawan PMI Sempor Dilatih Siaga Bencana


ceritarelawan.id, Kebumen - Upaya dalam menghadapi kesiapsiaagaan bencana sebanyak 55 anggota Kecamatan Sempor ikuti pelatihan relawan siaga bencana. Rabu, (02/11/2022).

Acara berlangsung di Aula kecamatan disambut antusias oleh semua anggota kecamatan yang mengukuti acara dari pagi hingga sore hari.
 
Mengundang narasumber handal, dua narasumber dihadirkan dalam pelatihan, yakni Robiatul Adawiyah dari PMI Kabupaten Kebumen dan Drs Susilo dari Camat Gombong.

Camat Sempor, Puji Lestari, S.Sos,. M.PA mengatakan kegiatan pelatihan diadakan mengingat letak geografis Kecamatan Sempor masuk dalam kategori rawan bencana tanah longsor dan pohon tumbang dikarenakan wilayahnya didominasi oleh pegunungan.

“Perlunya semua perangkat anggota kecamatan ini kami latih sebagaimana dirinya untuk menjadi seorang relawan, karena kita tahu musim musim rawan bencana seperti bulan bulan ini kita harus siap mendengar, melihat dan bahkan harus ikut terjun eksekusi kebencanaan yang melanda. Disinilah kita tingakatkan sumber daya manusia kita diolah di bimbing untuk menjadi seorang relawan yang siap siaga 24 jam untuk masyarakat” Ujar Puji Lestari.

Lebih jauh ia menjelaskan usai diadakan pelatihan pihaknya segara membentuk tim posko siaga bencana dan akan mengedukasi masyarakatnya dengan sosialisasi kebencanaan.

“Selesai kami diberi ilmu oleh pemateri dari PMI, saya harap semua anggota kecamatan untuk aktif mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam pelatihan relawan kali ini. Disisi itu utamanya kami akan membentuk tim berserta posko siaga bencana, serta tidak lupa untuk memberikan edukasi bisa berupa sosialisasi kebencanaan kepada masyarakat yang ada diwilayah Sempor khususnya” Tambahnya

Peserta pelatihan setidaknya belajar mengenai materi assesment , pemetaan Bahaya, Kerentanan, Risiko dan Kapsitas (BKRK), serta safety fire (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "55 Relawan PMI Sempor Dilatih Siaga Bencana"

Get new posts by email: