Hijaukan Lereng Ranupani, PMI Lumajang Ikut Tanam 1000 Pohon

Nur Hadi Pengurus PMI Lumajang saat ikut Penghijauan Dilereng Ranupani (Foto Rini)
ceritarelawan.id, Lumajang - Musibah banjir di kawasan Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang ,beberapa waktu lalu membuat Pemkab Lumajang mengambil langkah. Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), melakukan aksi penanaman 1000 pohon di lereng - lereng kawasan Ranupani. Minggu, (27/11/2022)

Banyak pihak terlibat dalam aksi menyelematkan lingkungan itu. Salah satunya PMI Kabupaten Lumajang, yang berslogan PMI siap bantu.

Nurhadi Santoso S.P wakil sekretaris PMI Kabupaten Lumajang yang membawa belasan relawan mengatakan, tanaman untuk penghijauan itu adalah Cemara Gunung .Jenis tanaman itu secara habitat mampu untuk tumbuh di daerah Ranupani.

"Lokasi penanaman 1000 Cemara Gunung di lahan pertanian milik warga di sekitar Ranupani , "kata Nurhadi Santoso Wakil Sekretaris PMI Lumajang. Dia menjelaskan,Penanaman dipandu oleh warga pemilik lahan lokasi penanaman Cemara Gunung. 

Kepala DLH  Dra.Hertutik ,Msi beserta stafnya, memimpin langsung aksi penanaman 1000 pohon tersebut.

Nurhadi menjelaskan PMI Lumajang juga menyerahkan bantuan 4 cangkul dan 4 sekop ke petani warga Ranupani yang lahannya menjadi lokasi penghijauan.

Selain PMI ,peserta penanaman adalah komunitas dan organisasi pegiat lingkungan, antara lain: LAZISMU, Relawan Mega Semeru, RTS Pasrujambe, Perwakilan UT, Relawan Jember, Tripala Malang, GTI Club Lumajang, Pemuda Pancasila, Pemdes Ranupani, serta komunitas yang lainnya.

" Kami dari PMI menerjunkan personel sejumlah 17 (tujuh belas) orang terdiri atas 1 (satu) Pengurus, 2 (dua) staff, 14 (empat belas) relawan," jelas Nurhadi.

Kadis LH Hertutuk menjelaskan ,tujuan kegiatan tersebut,sebagai salah satu upaya  untuk melestarikan lingkungan walaupun masih skala kecil yang kedepannya diharapkan semakin bertambah jumlah dan intensitasnya.

" Kita wacanakan, nantinya kegiatan yang sama akan dilaksanakan pada bulan Januari 2023," terang Hertutuk.(rini/amin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url