Relawan PMI Cilegon Gelar Simulasi Gempa Bumi

PMI Cilegon Gelar Simulasi Gempa Bumi
ceritarelawan.id, Cilegon - Dalam upaya meningkatkan kapasitas relawan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon gelar Simulasi Bencana Gempa Bumi di Lapangan SMA IT Roudhatul Jannah Cilegon.

“Simulasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan PMI Kota Cilegon, kegiatan simulasi ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana dibulan Agustus lalu yang diselenggarakan oleh PMI Provinsi Banten, sebanyak 35 relawan kami ikut sertakan dalam pelatihan tersebut” terang Sekretaris PMI Kota Cilegon, Ujang Samsul, Minggu (20/11/2022)

Lebih lanjut, Ujang menerangkan simulasi bencana perlu dan penting dilakukan di daerah-daerah rawan bencana, oleh semua pihak, baik Pemerintah, Instasnsi dan Relawan Kebencanaan, Industri termasuk masyarakat.

“Kegiatan simulasi ini sebagai salah satu bentuk kesiapsiagaan menghadapi potensi bahaya yang dapat berujung bencana, salah satu tugas Palang Merah Indonesia, sesuai dengan amanat undang-undang nomor 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan, yaitu membantu dalam penanganan musibah atau bencana di dalam dan di luar negeri.” terangnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Kota Cilegon, Alim mengatakan dalam simulasi tersebut PMI Kota Cilegon memainkan 5 layanan

“Untuk teknis simulasi gempa bumi ini, ada sekira 5 layanan yang kita laksanakan diantaranya, Asesment, Evakuasi, Tenda Pengungsian, Pertolongan Pertama, Ambulans dan Posko PMI sebagai pusat layanan informasi” terangnya. (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Relawan PMI Cilegon Gelar Simulasi Gempa Bumi"

Get new posts by email: