PMI Kota Tangerang Raih Peringkat Terbaik Se-Banten

ceritarelawan.id, Serang - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang dinobatkan sebagai yang terbaik dalam Temu Karya Relawan Daerah (TKRD) se-Banten.

Dalam lima kategori penilaian, PMI Kota Tangerang mendapat penilain terbaik mengungguli kontingen dari PMI Lebak, Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon dan Pandeglang. Yakni, kepala markas terbaik, pelayanan markas PMI terbaik, kepala unit donor darah (UDD) terbaik, pelayanan donor darah terbaik dan kontingen TKR terbaik dan terfavorit.

TKRD Banten ke III ini gelar di Bumi Perkemahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, mulai Kamis 1 Desember hingga Minggu 4 Desember 2022. 

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah bersama pengurus datang mendampingi relawan selama 3 hari. Oman bersyukur PMI Kota Tangerang menjadi yang terbaik. 

Ia menegaskan hasil tak lepas dari pembinaan para pengurus, kepala markas dan jajarannya dan kepala UDD berserta jajarannya. 

“Kerja keras kepala UDD, kepala markas, dan relawan menjadi kunci sukses,” jelasnya.

“Relawan PMI Kota Tangerang membuktikan bahwa, mereka sudah siap ketika bencana datang, dari mulai memetakan area bencana sampai pada tahapan evakuasi korban. Sehingga penanggulan bencana dapat segera di tanggulangi,” papar Oman.

Ia menegaskan, evaluasi dan pembinaan yang dilakukan pengurus kepada markas dan UDD setiap waktu dilakukan demi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami selalu melakukan evaluasi untuk memenuhi standar pelayanan PMI, baik pelayanan darah, penanganan bencana dan ambulans. Standar pelayanan ini mengacu pada pedoman pelayanan yang sudah digariskan oleh PMI Pusat,” lanjutnya.

“Predikat terbaik untuk PMI Kota Tangerang ini akan menjadi motivasi kami untuk membuat pelayanan lebih baik lagi. Sekali lagi terima kasih untuk UDD, markas dan relawan yang sudah memberikan kemampuan terbaiknya. Perlu kami sampaikan, PMI Kota Tangerang juga menjadi terbaik kedua se-Indonesia untuk pelayanan darah,” kata Oman.

Soni Maulana Wakil Ketua Bidang Bencana PMI Kota Tangerang menerangkan relawan PMI Kota Tangerang merupakan entiti terpenting dalam menanggulangi bencana 

“Dalam simulasi TKR III adalah ajang pembuktian bahwa mereka sudah terbiasa melakukan prosesi penanggulangan bencana,” jelasnya.

Minimnya waktu persiapan untuk menghadapi TKR III tidak menghalangi mereka untuk melakukan simulasi – simulasi bencana besar. Dan tata cara pengelolaan bencana sampai pada tahapan program pasca bencana alam. 

“Karena selain di bekali oleh pelatihan – pelatihan, mereka juga sudah terbiasa melakukannya secara bersama dalam aktifitas mereka buat masyarakat Kota Tangerang,” ulas Soni.

TKRD merupakan agenda tahunan yang digelar PMI Banten. Pesertanya PMI kabupaten/kota. Dalam TKRD ini, setiap kontingen mengirimkan relawan maskimal 70 orang. Tim penilai dari PMI Banten dan PMI Pusat.

Setiap kontingen diminta membuat simulasi tanggap bencana. Juri akan menilai kesiapan relawan saat melakukan pertolongan di area bencana. Yang menjadi penilaian, bidang posko, pusat data dan informasi (pusdatin), kesiapan individu, koordinasi internal dan eksternal, rencana aksi, rencana operasi, sektor pendukung (assesment, humas, IT logistik, keuangan, dan administrasi), sektor pelayanan terdiri dari evakuasi, pertolongan pertama, kesiapan ambulans, pelayanan kesehatan darurat, Psikososial Support Program (PSP),dapur umum, distribusi relief, dan pencucian)

Ketua PMI Provinsi Banten, Hj. Ratu Tatu Chasanah mengatakan kegiatan TKRD tersebut sebagai ajang silaturahim antar relawan dan pengurus PMI se-Banten. 

“Acara temu karya ini merupakan evaluasi untuk kita semua, karena dalam undang-undang nomor 1 tahun 2018, bahwa kita (PMI) diberi mandat oleh pemerintah. Dua yang utama, yaitu penanganan bencana alam dan non alam, kemudian kita menyiapkan darah yang aman, itu tugas utama kita dan tugas utama yang lainnya,” kata Tatu.

“Pada kesempatan kali ini juga tentunya senantiasa berdoa dan memberikan bantuan kepada masyarakat Cianjur yang sekarang ini terkena bencana alam. Alhamdulillah PMI Provinsi Banten sudah menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui PMI Cianjur, para relawan Provinsi Banten, 8 kabupaten/kota siap memberikan bantuan ke Cianjur bantuan kepada saudara-saudara kita yang tengah terkena bencana,” terangnya.

Berikut prestasi PMI Kota Tangerang pada TKR Se-Banten:
  1. Pelayanan Markas PMI Terbaik Se Banten
  2. Pelayanan Unit Donor Darah PMI Terbaik Se Banten
  3. Pengabdian Mustafa Kamaludin S.E (Kepala Markas) di PMI Kota Tangerang selama 20 Tahun
  4. Pengabdian dr. David H. Sidabutar (Kepala UDD) di PMI Kota Tangerang selama 20 Tahun
  5. Kontingen Temu Karya Relawan (TKR) III Ter-Favorit Se Banten. (*)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url