Banyuwangi Banjir, PMI Kerahkan Relawan dan Distribusikan Air Bersih


ceritarelawan.id, Banyuwangi - Hujan deras disertai angin yang terjadi mulai hari Jumat 10 Februari 2023 sore hari menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Banyuwangi mengalami Banjir diantaranya di wilayah Kelurahan Kepatihan, Kelurahan Tukangkayu, Kelurahan Pengantigan Kecamatan Banyuwangi dan Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro.

Ismiyati Kasi Pelayanan PMI Banyuwangi mengatakan, Setelah berkoordinasi dengan BPBD Kab. Banyuwangi dan perangkat kelurahan, Sabtu pagi 11 Februari 2023 PMI Kabupaten Banyuwangi menurunkan 3 Tim yang terdiri dari Staf, Relawan dan SIBAT sebanyak 15 orang membantu warga terdampak banjir. 

"Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi yang pertama yaitu Distribusi Air Bersih dengan menggunakan Tangki  Air milik PMI, disebabkan oleh karena Saluran Pipa Air dari sumber air ke rumah warga rusak diterjang banjir  di daerah Dusun Selogiri Desa Ketapang Kec. Kalipuro. Penerima manfaat distribusi air sebanyak 150 KK". Ungkapnya Senin, (13/02/2023)

"Yang kedua PMI melakukan pembersihan/normalisasi rumah warga akibat diterjang banjir sehingga menyebabkan lumpur menumpuk di dalam rumah yang ada di dusun Krajan Desa Ketapang. Petugas menggunakan kendaraan Tossa dan 1 unit alat semprot air keliling dari rumah ke rumah bersama SIBAT dan warga bergotong royong. Penerima manfaat di Desa Ketapang sebanyak 17 KK". Jelasnya

"Tim yang ketiga juga melakukan pembersihan lumpur akibat banjir di rumah-rumah warga yang ada di Lingkungan Krajan Kelurahan Kepatihan Banyuwangi dengan menggunakan kendaraan Pickup dan 1 unit alat semprot air. PMI bersama TNI AD, perangkat kelurahan dan warga gotong royong membersihkan rumah beserta barang-barang milik warga yang terendam air. Penerima manfaat di Kepatihan sebanyak 45 KK" Terangnya.

"Karena luasnya wilayah terdampak banjir di desa Ketapang dan Kelurahan Kepatihan, pada hari Minggu, 12 Februari 2023 kembali PMI Kabupaten Banyuwangi menerjunkan 2 Tim dengan tugas yang sama namun dengan sasaran yang berbeda yaitu diutamakan membersihan Fasilitas Umum seperti mushola, lapangan, bank sampah, dan ada juga rumah warga,"Tambahnya.

"Untuk Tim Distribusi Air masih tetap mensuplay air bersih di Dusun Selogiri Ketapang dengan sasaran wilayah RW 4 Dusun Selogiri Desa Ketapang dengan penerima manfaat 250 KK". Pungkasnya. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url