Evaluasi Materi, SMAN 1 Rogojampi Gelar Laga Palmajari VI

ceritarelawan.idBanyuwangi - Sebanyak kurang lebih 200 anggota PMR Madya (tingkat SMP/MTs) mengikuti Laga Palmajari VI Tingkat Kabupaten Banyuwangi, sebagai bentuk evaluasi pembinaan PMR yang rutin dilaksanakan 2 tahunan ini dilaksanakan tanggal 24 s.d 26 Feruari 2023 dengan mengambil tema “Semangat Relawan Penuh Aksi, Bangkitkan Prestasi (Serasi Berprestasi).”

Adapun materi Evaluasi terdiri dari 5 materi PMR yaitu Kepalangmerahan, Doras, Kesiapsiagaan Bencana, Kepemimpinan, Pertolongan Pertama (PP), Remaja Tangguh, Mini vlog, Poster dan Pentas seni dengan tema budaya Banyuwangi.

Pada acara pembukaan (24/2/2023) hadir jajaran Pengurus PMI Kabupaten Banyuwangi, Camat Rogojampi, Pengurus PMI Kecamatan Rogojampi, PMI Kec. Blimbingsari serta kepala sekolah SMA Negeri 1 Rogojampi Taruna Budaya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Banyuwangi serta guru dan pembina pendamping PMR Madya dari masing masing sekolah.

Dalam sambutan acara pembukaan, Dr. H. Nurhadi, MM. selaku Wakil Ketua I PMI Kabupaten Banyuwangi menyampaikan, PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan yang saat ini berumur kurang lebih 77 tahun hampir seumur usia proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia, PMI senantiasa berkomitmen menyebarluaskan dan mendorong penerapan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan sabit Merah Internasional. 

Lebih lanjut beliau menegaskan salah satu tugas PMI adalah pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) yang merupakan cikal bakal relawan masa depan, karena di PMI memiliki 3 (tiga) pilar : Pengurus, Markas dan Relawan seperti relawan donor darah sukarela, KSR/TSR dan termasuk Palang Merah Remaja (PMR) yang insyaallah mereka akan mengabdikan diri untuk tugas kemanusiaan.

Selanjutnya PMR yang pembinaannya di sekolah memiliki target para anggota supaya memiliki karakter hidup bersih, sehat, jiwa kepemimpinan, peduli, kreatif, kerjasama, bersahabat dan ceria sebagai mana amanat yang tercantum dalam Tri Bakti PMR (Meningkatkan keterampilan hidup sehat, Berkarya dan berbakti di masyarakat, Mempererat persahabatan nasional dan internasional).

Pada akhir sambutannya Wakil Ketua I PMI Kabupaten Banyuwangi menyampaikan puji syukur Alhamdullillah kegiatan Palmajari VI yang vakum beberapa tahun karena pandemi covid-19 tidak menyurutkan Panitia Laga Palmajari SMA Negeri 1 Rogojampi Taruna Budaya untuk menyelenggarakan kegiatan, mudah mudahan lewat kegiatan ini nanti para peserta lebih menggalakkan dan meningkatkan semangat pengabdian juga semangat belajar sehingga capaian prestasi yang membanggakan bagi peserta, sekolah dan lembaga lain, harapnya.

Ketua panitia Laga Palmajari VI menyampaikan, bahwa agenda 2 tahunan Laga Palmajari yang dilaksanakan secara rutin sempat tertunda, disebabkan pandemi covid-19. Alhamdulillah pada tahun 2023 ini dapat dilaksanakan lagi selama 3 hari.

Adapun tujuan diselenggarakan laga palmajari untuk melatih kemampuan para anggota PMR Madya dalam bidang kepalangmerahan serta kemanusiaan, membangkitkan semangatnya yang pernah pupus akibat pandemi covid-19 dan kembali menjadi relawan yang penuh semangat untuk berjuang demi kemanusiaan.

Lebih lanjut Ketua panitia menyampaikan peserta kegiatan diikuti sebanyak 16 kontingen (18 Tim) SMP/MTs Negeri dan swasta se-kabupaten Banyuwangi didampingi 16 Pembina PMR dan 10 orang Penilai dari Fasilitator PMR PMI Kab. Banyuwangi. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url