Mahasiswa KKN Kelompok-10 Unmuh Ponorogo Gelar Sosialisasi Sertifikasi Halal UMKM di Desa Manuk


ceritarelawan.id, Ponorogo - Dalam rangka melaksanakan program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Ponorogo mengadakan kegiatan sosialisasi sertifikasi halal untuk kelompok UMKM di Desa Manuk, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Kamis, (09/02/2023).

Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Manuk, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo yang di hadiri oleh Perangkat Desa Manuk, Halal Center Cendekia Muslim dan diikuti oleh pelaku UMKM Desa Manuk.  

Ahmad Dany Febriyan ketua kelompok KKN kelompok 10 Universitas Muhammadiyah Ponorogo mengatakan,  kegiatan ini merupakan program kerja KKN Unmuh Ponorogo juga merupakan program dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) memberikan sertifikasi gratis bagi pelaku usaha mikro terpilih salah satunya adalah sertifikasi halal.
 
 Sementara itu Ellyn pemateri Halal Center Cendekia menyampaikan, usaha mikro terpilih akan mendapatkan fasilitas pendaftaran tanpa dipungut biaya dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.
 

"Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku UMKM dalam pengajuan sertifikasi halal meliputi: Fotocopy KTP, Fotocopy Penyelia, Foto Produk, Komposisi, Email, dan WA yang aktif" Jelasnya

 

"Perlu diketahui, izin usaha dan sertifikasi sangat penting bagi pelaku usaha mikro untuk naik kelas, agar dapat masuk ke rantai pasok dan akses pasar lebih luas. Namun, selama ini ada tantangan dari proses pengurusan maupun biaya, Oleh karena itu, pemerintah mempermudah dan fasilitasi agar produk-produk usaha mikro yang berkualitas bisa lebih bersaing". Jelasnya

"Semoga kegiatan bermanfaat untuk semua, terutama pelaku UMKM Desa Manuk". Pungkasnya. (min)

ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Mahasiswa KKN Kelompok-10 Unmuh Ponorogo Gelar Sosialisasi Sertifikasi Halal UMKM di Desa Manuk"