Peringati Hari PMR, SMK PGRI 5 Jember Gelar Baksos Donor Darah


ceritarelawan.idJember – Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMK PGRI  Jember di Kecamatan Kencong menggelar kegiatan donor darah menyongsong peringatan Hari jadi PMR 1 Maret 2023 mendatang. PMR Wira SMK PGRI  Jember mengerahkan puluhan siswa untuk ambil bagian  dalam kegiatan donor darah sukarela tersebut. Bahkan, ada guru dan karyawan  SMK PGRI  Jember yang ikut donor darah.

“Kegiatan donor darah ini kegiatan rutin sekaligus untuk memperingati Hari PMR yang jatuh 1 Maret 2023,” kata Faizin Fasilitator PMR Wira SMK PGRI 5 Jember. Kegiatan donor darah sudah rutin dua atau tiga bulan sekali digelar SMK PGRI 5 Jember. 

Dia menambahkan, kegiatan donor darah sangat penting untuk menjaga stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Pasalnya, kebutuhan darah tidak hanya untuk warga Jember saja. Banyak pasien dari kebupaten tetangga seperti Lumajang, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo yang dirujuk ke RSD dr Soebandi juga ambil darah di UDD PMI Kabupaten Jember. 

Selain aktif donor darah, pengurus PMR juga aktif melakukan rekrutmen relawan pendonor darah baru di lingkungan SMK PGRI 5 Jember. Pasalnya, siswa kelas 1 atau kelas 2 banyak yang baru masuk usia 17 tahun sehingga mereka menjadi pendonor pemula. 

"Kami sosialisasikan tentang pentingnya donor darah bagi sesama manusia yang membutuhkan juga manfaat bagi kesehatan tubuh bagi pendonor.” ujarnya. 

“Alhamdulillah sosialiasi kami dari PMR baik melalui kegiatan resmi atau pendekatan informal berjalan baik. Buktinya tiap tahun regenerasi pengurus PMR dan pendonor berjalan baik,” imbuhnya. (min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Peringati Hari PMR, SMK PGRI 5 Jember Gelar Baksos Donor Darah"