60 Mahasiswa Ikut Diklat Relawan PMI Ngawi


ceritarelawan.id, Ngawi - Dalam rangka melaksanakan program kerja tahun 2023 Palang Merah Indonesia Kabupaten Banyuwangi mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar anggota baru KSR PMI Kabupaten Ngawi Tahun 2023 dengan tema “Membentuk Relawan PMI Tangguh dan Profesional Untuk Kemanusiaan”


Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar bertempat di Markas PMI Kabupaten Ngawi yang dihadiri oleh Pengurus dan Staf PMI Kabupaten Ngawi dan diikuti oleh 60 peserta dari mahasiswa Institut Agama Islam Ngawi, STIT ISLAMIYAH KP Paron dan Akper Pemkab Ngawi


Mulyadi Staf PMI Kabupaten Ngawi mengatakan, kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar merupakan merupakan tahapan wajib yang harus diikiti  sebelum diresmikannya menjadi anggota KSR PMI tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk menumbuhkan jiwa dan semangat kePalangmerahan di Perguruan Tinggi, agar KSR mempunyai bekal pengetahuan, ketrampilan, kecakapan, sikap, kepribadian dan jiwa kemanusiaan melalui pendidikan dan pelatihan Dasar KSR dari Palang Merah Indonesia, serta untuk mewarisi nilai-nilai Kepemimpinan dalam organisasi Kepalangmerahan. 


“Untuk memenuhi standart jam Pendidikan Dan Pelatihan Dasar KSR sesuai dengan pedoman manajemen relawan PMI kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar dilaksanakan selama 120 jam secara bertahap yakni mulai hari ini sampai 4 Juni 2023”. Ungkapnya. Minggu, (19/03/2023) 


"Semua calon relawan yang tergabung dalam KSR diberikan pembekalan dasar tentang Kepalangmerahan sehingga saat penugasan bisa memahami tugas dan fungsi relawan PMI". Terangnya


Untuk materi – materi pada kegiatan Diklatsar ini disampaikan oleh Fasilitator PMI Ngawi yang berkompeten di bidangnya yang telah memiliki pengalaman dalam pengabdian kepalangmerahan dan pengabdian dalam kebencanaan.  


"Materi yang disusun sesuai dengan kurikulum, meliputi Sejarah Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah, HPI, Kode Prilaku, Organisasi Palang Merah Indonesia, Peran KSR, Assesment, Manajemen Bencana, Logistik Kepemimpinan, Kesehatan Remaja, Dasar PP , Perawatan keluarga, Air dan Sanitasi, RFL, DU, Penampungan Sementara, serta Simulasi". Jelasnya


"Penyampaian materi tersebut dilakukan di dalam aula Markas PMI dan untuk Simulasi akan dilaksanakan di Lapangan dikondisikan seperti bencana yang sebenarnya". Tambahnya


Sementara itu, Suhastama Atmadja Wakil Ketua PMI Kabupaten Ngawi saat membuka kegiatan berharap agar anggota baru KSR bisa mengikuti setiap sesi materi dengan penuh sungguh-sungguh.



"Harapan kedepan untuk peserta Pendidikan dan Pelatihan Dasar KSR ini bisa mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar jumlah anggota yang diharapkan bisa tetap utuh mulai dari awal kegiatan pembukaan hingga penutupan, sehingga KSR PMI apabila ada penugasan tambah banyak dan tambah semangat dalam membantu kemanusiaan ". Pungkasnya. (min)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url