Jaga Stok Darah Selama Ramadhan, PMI Cilegon Gencar Lakukan Mobile Unit



ceritarelawan.idCilegon - Ketersediaan stok darah pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon diawal bulan ramadhan tahun 2023 ini terbilang aman, hal ini dikarenakan pada bulan Februari hingga pertengahan bulan Maret ini kegiatan donor darah diperusahaan cukup padat, namun pada bulan ramadhan ini belum ada jadwal mobile unit diperusahaan/instansi lainnya, sementara ketersediaan darah harus  tetap terpenuhi bagi pasien yang membutuhkan.

Sebagai langkah antisipasi yang dilakukan, PMI Kota Cilegon tetap dan terus gencar melakukan mobile unit dibulan Ramadhan yang dilakukan sore hari menjelang berbuka puasa dari pulul 16:00 - 19:00 WIB, adapun lokasi mobile unit setiap hari Senin-Kamis di Area Landmark / Tugu Kota Cilegon dan hari Sabtu - Minggu di Area Bunderan Perumnas Cibeber - Kota Cilegon

"Ketersediaan darah diawal bulan ramadhan ini masih aman, namun kebutuhan darah tetap harus dipenuhi, oleh karenanya kegiatan mobile unit terus kita lakukan dibulan ramadhan ini, untuk waktu pelaksanaanya tidak berubah, kita laksanakan di sore hari menjelang buka puasa hingga waktu isya, sementara layanan permintaan darah tetap buka 24 Jam." terang Kepala UDD PMI Kota Cilegon, dr. Arriadna, Jum'at (24/3/2023)

Lebih lanjut, dr. Arriadna pada kesempatan tersebut mengajak masyarakat untuk tetap berdonor, mengingat kebutuhan darah sangat dibutuhkan bagi pasien-pasien yang membutuhkan transfusi darah.

"Kami mengajak masyarakat, para pendonor darah sukarela untuk tetap berdonor, karena kebutuhan darah selama ramadhan masih tetap dibutuhkan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan." terangnya

Dijelaskan juga, berdasarkan Fatwa MUI Provinsi Banten Nomor: Kep.063/XVI/SK/IV/2021 tentang hukum Donor Darah bagi orang yang sedang berpuasa, dalam keputusannya menyatakan bahwa Donor Darah bagi yang sedang berpuasa adalah boleh dan tidak membatalkan puasa.jelasnya. (min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Jaga Stok Darah Selama Ramadhan, PMI Cilegon Gencar Lakukan Mobile Unit"