Taruna Bumi SMAN 2 Wonogiri, Siapkan Generasi Masa Depan Melalui Pertanian


ceritarelawan.idWonogiri - SMA Negeri 2 Wonogiri melaksanakan proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan Saka Taruna Bumi pada Senin, 8 Mei 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Wonogiri sebagai pembina upacara, Kepala SMA Negeri 2 Wonogiri, seluruh guru dan karyawan, Sekretaris Dinas Pertanian, Pamong Saka Taruna Bumi, instruktur Saka Taruna Bumi, dan siswa-siswi SMA Negeri 2 kelas X.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan, perkenalan dari Pamong Saka Taruna Bumi dan instruktur Taruna Bumi, serta sosialisasi tentang Saka Taruna Bumi. Selanjutnya, dilakukan pembentukan kelompok besar beserta pendamping, yel-yel kelompok, dan penyampaian informasi terkait alat dan bahan yang akan digunakan pada kegiatan selanjutnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Wonogiri, Baroto Eko Pujanto, S.P, M.Si, mengungkapkan bahwa Saka Taruna Bumi merupakan wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang pertanian. 

Menurutnya, kegiatan penguatan profil pelajar pancasila melalui Saka Taruna Bumi bertujuan untuk mewujudkan generasi muda yang cinta pertanian dengan menyediakan wadah pendidikan luar sekolah di bidang pertanian bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega serta peminat atau calon anggota Gerakan Pramuka.

"Sasaran pembentukan dan pengembangan Saka Taruna Bumi adalah agar anggotanya memiliki rasa cinta pertanian dan berperan serta dalam pembangunan pertanian, tambahan pengetahuan, pengalaman, kecakapan, dan keterampilan di bidang pertanian, mampu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Saka Taruna Bumi yang berdayaguna dan berhasilguna, serta mampu menyebarluaskan pengetahuan dan pengalaman tersebut kepada Pramuka di gugus depan masing-masing dan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya," jelas Baroto Eko Pujanto.

Dia berharap bahwa Saka Taruna Bumi dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan pertanian dan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya Saka Taruna Bumi, diharapkan generasi muda dapat lebih mencintai pertanian dan berperan aktif dalam pembangunan pertanian di masa depan.

Sumanto, S.Pd.,M.Pd., Kepala SMA Negeri 2 Wonogiri mengatakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menjadi bagian tak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Lewat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diharapkan para pelajar di Indonesia dapat tumbuh sebagai pelajar yang berkompeten, terampil, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Saka Taruna Bumi ada beberapa kegiatan meliputi pembagian kelompok, pengenalan tentang pembuatan media tanam, pencampuran media tanam, pengenalan tentang persemaian, memasukkan media tanam ke polibag, proses pemeliharaan tanaman, pengenalan dan teori pembuatan jadam microbial solution (JMS), pembuatan kompos, pengenalan pembuatan MOL, pembuatan pestisida nabati, dan cara pengaplikasian pestisida nabati.

Dalam kegiatan ini, siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh 2 orang kakak pengampu. Mereka diajarkan tentang pembuatan media tanam, pencampuran media tanam, dan pengenalan tentang persemaian. Selanjutnya, mereka belajar tentang pemeliharaan tanaman, pembuatan jadam microbial solution (JMS), pembuatan kompos, dan pembuatan pestisida nabati beserta cara pengaplikasiannya.

Diharapkan melalui kegiatan Saka Taruna Bumi ini, siswa SMA Negeri 2 Wonogiri dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang pertanian serta memperkuat profil sebagai pelajar pancasila yang memiliki semangat cinta tanah air dan rasa kepedulian terhadap lingkungan. (min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Taruna Bumi SMAN 2 Wonogiri, Siapkan Generasi Masa Depan Melalui Pertanian"