Tingkatkan Kapasitas, KPA Tropica Pangkep Gelar Water Rescue


CERITARELAWAN.ID, Pangkep - Kelompok Pecinta Alam Tropica Pangkep, menggelar pelatihan water rescue atau teknik penyelamatan dan kedaruratan dalam air untuk untuk meningkatkan kapasitas para personel anggotanya dan relawan potensi SAR lainnya.

"Kegiatan ini agar kemampuan personel KPA Tropica  dalam upaya kesiapsiagaan menghadapi kondisi kedaruratan di air serta menghadapi potensi bencana banjir," kata Hasrul Aswar ketua KPA Tropica, di Kolam Mattampa, Pangkep. (21/3/2021)

Menurutnya, pelatihan water rescue ini digelar sebagai rangkaian pelatihan lanjutan anggota muda KPA Tropica. Dalam pelatihan ini pihaknya bekerjasama BPBD Pangkep  dan menggandeng pelatih dari Rescue Emergency Respon Team (RERT) salah satu BUMN di Kaltim, yang juga anggota senior KPA Tropica.

Ada beberapa teknik yang dilatih untuk menambah ketangkasan dalam melakukan penyelamatan di dalam air, mulai dari teknik penyelamatan di air, pengenalan peralatan keselamatan, proses evakuasi pengangkatan korban dari air, penyelamatan korban tenggelam, sampai teknik pertolongan pertama saat penyelamatan di arus deras.

Dalam pelatihan kali ini diikuti 20 relawan anggota internal KPA Tropica dan juga di ikuti beberapa Relawan TRC BPBD, SAR Pangkep dan Relawan PMI. Panitia sengaja membatasi jumlah peserta karena terkait standar protokol kesehatan.

" Kegiatan ini kami bersinergi dengan potensi   rescue lainnya, dan pastinya pelaksanaan kami ikuti aturan protokol kesehatan." terang Aswar

Dengan diadakannya peningkatan kapasitas anggota KPA Tropica  seperti ini, maka diharapkan bisa meningkatkan pelayanan organisasi  di masyarakat terutama dalam memberikan pertolongan saat terjadi musibah atau bencana di air," tambahnya. (Syaiful/amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Tingkatkan Kapasitas, KPA Tropica Pangkep Gelar Water Rescue"

BACA JUGA
close