14 Juni Hari Donor Darah Se Dunia


Sahabat CERITARELAWAN.id Tema peringatan hari Donor darah Sedunia (World Blood Donor Day) tahun ini "Darah yang aman bagi sesama" (Safe blood for all) mengajak segenap masyarakat untuk menjadi relawan donor darah sukarela yang  tulus dan ikhlas. Tanpa membedakan ras, suku, agama pendonor menyumbangkan darah bagi mereka yang membutuhkan dan dengan demikian dapat membantu menyelamatkan jiwa manusia.

Untuk meningkatkan ketersediaan darah yang aman, berkualitas mudah dijangkau dan berkesinambungan di  seluruh Indonesia, PMI terus berupaya antara  lain dengan:


1. Meningkatkan kapasitas UDD PMI  sesuai dengan standar nasional, melalui perbaikan kebijakan, peraturan, panduan, sistem manajemen dan koordinasi di tiap tingkatan PMI.

2. Meningkatkan SDM PMI dan sarana prasarana UDD, untuk mendukung kualitas pelayanan, dengan terus meningkatkan kinerja staff dan petugas UDD dalam menerapkan GMP (Good Manufacturing Practice).

3. Melakukan peningkatan keamanan  darah dari donor kepada pasien penerima donor terhadap infeksi sifilis,  hepatitis A, hepatitis C dan HIV.

4. Melakukan promosi donor darah sukarela  secara rutin dengan memberikan penghargaan kepada pendonor darah sukarela yang telah dengan setia mendonorkan darahnya.

5. Mempermudah akses masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya dengan mendekatkan kegiatan mobil unit donor darah dan penyediaan gerai donor darah di lokasi-lokasi    yang strategis seperti: pusat pembelanjaan, perkantoran, kampus, sekolah, dan instansi Pemerintah sehingga mempermudah upaya menjadikan donor darah sebagai bagian dalam rutinitas kehidupan.

6. Menjadikan donor darah sebagai gaya hidup (lifestyle)  dan  identitas generasi muda (kekinian kaum milenial; dengan memperkuat pola pikir dan keyakinan,  bahwa mendonorkan darah dapat menyelamatkan jiwa seseorang, serta memilik rasa bangga menjadi pendonor darah sukarela.
Seiring dengan tema  tersebut, kami amengharapkan agar  peringatan hari Donor Darah Sukarela tahun ini dapat dilaksanakan dengan berbagai kegiatan bersama masyarakat untuk meningkatkan motivasi dan keperdulian dalam menolong sesama  melaui donor darah. (SUMBER PMI KABUPATEN PONOROGO)

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata