PMI Sragen Ikut Aktif Dalam Penyusunan Renstra Unit Layanan Disabilitas Penanggulangan Bencana di Kabupaten Sragen - CERITARELAWAN


CERITARELAWAN.id, SRAGEN - Dalam rangka memberikan layanan pemenuhan hak dan peran penyandang disabilitas dalam pengelenggaraan penanggulangan bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sragen pada hari selasa (23/7/2019) mengadakan Workshop Penyusunan Unit Layanan Disabilitas Penanggulangan Bencana Kabupaten Sragen bertempat di BPBD Kabupaten Sragen.

Acara diikuti oleh BPBD Kabupaten Sragen, PMI Kabupaten Sragen, MDMC Sragen, Tagana Sragen, Relawan Unit Layanan Disabilitas dan Forum Pengurangan Resiko Bencana Kabupaten Sragen (FPRB).

Wahdadi S.E Kepala Markas PMI Kabupaten Sragen kepada CERITARELAWAN mengatakan  kegiatan Workshop Penysunan Unit Layanan Disabilitas Bencana Kabupaten Sragen bertujuan untuk Penyusunan Program Kerja ULD-PB BPBD Kabupaten Sragen yang Bertugas membantu menjalankan fungsi terkait layanan inklusi disabilitas dalam penanggulangan bencana di Kabupaten  Sragen.

Pelayanan yang diharapkan mulai dari  Pengolahan data terpilah berupa jenis kelamin, usia, disabilitas untuk lokasi rawan bencana, Layanan informasi dan rujukan layanan, Kajian kebutuhan dan potensi penyandang disabilitas pada saat penanganan darurat dan pasca bencana, Keterlibatan pada perencanaan PB (rencana penanggulangan bencana/prb), renkon, renop, rencana aksi rehabilitasi dan rekonstruksi, Koordinasi penanggulangan darurat dan pelaksanaan isu disabilitas ke seluruh sektor penaganan darurat,  Koordinasi keterlibatan penyandang disabilitas, pemenuhan hak inklusi dalam layanan umum dan Koordinasi peningkatan kapasitas penyandang disabilitas.tambah Wahdadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sragen Sugeng Priyono, SH menambahkan tujuan kegiatan ini sebagai perwujudan kepedulian pada sesama, dalam kegiatan workshop dilaksanakan diskusi penyusunan program ULD-PB  diantaranya Pembagian Bidang, Penyusunan Visi dan Misi, Menyusun program kerja, Presentasi per bidang, Sinergi renstra BPBD, serta Integrasi dalam kegiatan BPBD. Secara kedudukan unit layanan disabilitas penanggulangan bencana berada di dalam kelembagaan BPBD  dan merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan BPBD.

Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kapasistas penyandang disabilitas minimal bisa menyelamatkan diri saat bencana, dan bisa mensosialisasikan tentang penyelematan saat bencana di komunitasnya. (Munif PMI Sragen /Cak Amin CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BACA JUGA
close