PMI Kota Tangerang Adakan Pelatihan Bencana Berbasis Masyarakat

 

CERITARELAWAN.id, KOTA TANGERANG - PMI Kota Tangerang terus berupaya melakukan sosialisasi mitigasi atau pencegahan terhadap bencana alam di Kota Tangerang. 

Antara lain melatih kader atau relawan tangguh bencana baik dari perangkat kelurahan, masyarakat maupun pemuda peduli bencana.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai Sabtu pagi (31/08/19) dengan pemaparan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat (SIBAT) dan akan di lanjutkan dengan praktek penanganan bencana pada keesokan harinya.

Dalam kontek Kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana alam, pihaknya terus berupa dengan memberikan pemahaman, pelatihan, sosialisasi serta simulasi. 

Hal itu agar masyarakat  tahu, paham dan mengerti akan bencana dan bagaimana cara menaganinya.

Menurut Hasbullah selaku ketua panitia mengatakan bahwa tujuan Sibat ini adalah membentuk tim kesiapsiagaan bencana di Kota Tangerang.

"Pada saat ini kita menawali 3 Kecamatan yaitu PMI Kec. Neglasari, PMI Benda dan PMI Batuceper yang dilatih dalam hal mitigasi dan Kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat dan alhamdulillah saat ini berlangsung di kecamatan Neglasari dan berikutnya adalah Kecamatan Se-Kota Tangerang. " Ungkapnya.

"Optimalisasi pemuda dan relawan harus dilakukan, salah satunya lewat kegiatan ini, harapannya peserta pelatihan dapat menjadi pioner dan garda depan dalam upaya mitigasi bencana di wilayah kecamatan ,contohnya ketika terjadi bencana kebakaran, banjir dan kekeringan di kecamatan Neglasari, Batuceper dan Benda." Tambahnya.


Walikota Tangerang Arie R Wismansyah mengatakan dalam rangka meningkatkan peranserta masyarakat bukan hanya menjadi obyek atau penonton tapi di Kota Tangerang tetapi menjadi subjek untuk kemajuan pembangunan

"walikota juga mengucapkan apresiasi terhadap PMI Kota Tangerang yang mau mengajak masyarakat ikut berlatih dalam kesiapsiagaan kebencanaan".

Pelatihan Siaga Berbasis Masyarakat ini sangat penting bagi masyarakat karena supaya disaat terjadi bencana maupu penanganan pertolongan pertama bisa langsung di atasi atau di tangani ucap walikota Tangerang

"Walikota berhap kita tetap jaga kekeluargaan, kebersamaan, kesatuan dan persatuan untuk Kota Tangerang".

Kontak person
Humas PMI Kota Tangerang

089618872895
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata