PMI Sragen Kondisikan Disabilitas Mental di Wilayah Karangmalang


CERITARELAWAN.id, SRAGEN - Menindaklanjuti permintaan dari masyarakat tentang keberadaan Orang Disabilitas Mental yang sering meresahkan masyarakat di wilayah Jurangjero, Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

PMI Kabupaten Sragen merespon dengan mengirimkan satu unit ambulans beserta kru untuk mengkondisikan orang tersebut. 

Hingga setelah melalui proses pendekatan yang sudah tidak mempunyai keluarga tersebut dievakuasi ke Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Surakarta untuk mendapatkan pengobatan.

Wahdadi Kepala Markas PMI Kabupaten Sragen kepada CERITARELAWAN.id menceritakan senin, (12/8/2019) sore ini PMI Kabupaten Sragen Sudah berkali-kali kami mendapatkan permintaan bantuan dari masyarakat terkait keberadaan Orang Disabilitas Mental terhitung lebih dari sepuluh (10) kali sampai bulan agustus ini.

PMI Kabupaten Sragen bersama PSC 119 Sragen saat melakukan evakuasi Orang Disabilitas Mental.

Setiba di lokasi petugas melakukan assessment awal ke keluarga pasien untuk mengetahui perilakunya, setelah assessment awal team merayu dan melakukan pendekatan dengan pasien. Setelah di bujuk rayu pasien mau di evakuasi ke RSDJ dr. Arif Zainudin Surakarta menggunakan ambulans PMI.

Berbagai macam cara kami lakukan dalam melakukan pendekatan, dari mulai mengajak ngobrol menggali apa kemauan sipenderita sambil sesekali mengajak pergi berobat atau pergi jalan-jalan. 

Pernah sampai butuh waktu 2 jam mengobrol untuk membuat sipenderita akhirnya bersedia diajak berobat, demi melakukan pendekatan persuasif dan membuat tenang penderita. Tambah Wahdadi.

Apabila ada indikasi susah dikendalikan kami meminta dicarikan orang terdekat dan dipercaya oleh penderita. Semuanya demi mengedepankan cara persuasif dan humanis, kami siap melayani tanpa membeda-bedakan, begitulah salah satu cara kami berbakti pada masyarakat. Pungkasnya ( Munif PMI Sragen / Cak Amin CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
Get new posts by email: