Relawan PMI Bantu Atasi Karhutla Banjar, Kalsel - CERITARELAWAN.id


CERITARELAWAN.id, BANJAR - Palang Merah Indonesia (PMI) menerjunkan sejumlah relawannya untuk membantu proses pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di sejumlah daerah. Salah satunya di wilayah terdampak di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

M. Jazuli Rahman, wakil sekretaris PMI Kabupaten Banjar kepada CERITARELAWAN.id mengatakan "Satgana PMI kabupaten banjar yang tergabung dalam Tim Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sudah di lokasi membantu proses pemadaman bersama tim gabungan lainnya," 

Menurutnya, hal tersebut sebagai langkah dalam rangka membantu pemerintah daerah TNI/Polri dan instansi lainnya dalam upaya proses pemadaman supaya dampaknya tidak meluas.

Setiap harinya tim bergerak ke sejumlah titik lokasi yang saat ini sudah mulai terbakar. Pihaknya saat ini berupaya keras semaksimal mungkin dalam proses pengendalian kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya terutama untuk mengantisipasi meluasnya dampak dari kebakaran lahan dan hutan tersebut.

"Setiap harinya mengerahkan paling sedikit lima personil Satgana PMI didukung dengan satu unit tangki air untuk membantu proses pemadaman," kata Jazuli.

Selain itu tambah Jazuli, PMI juga menyiagakan ambulans dan tim medis sebagai langkah antisipasi hal-hal kedarutan yang tidak diinginkan.

Ditambahkannya, saat ini PMI sudah membagikan masker kepada masyarakat di beberapa lokasi yang berada di wilayah yang terdampak langsung kabut asap dampak kebakaran lahan dan hutan tersebut.

Selain itu, PMI juga telah membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Hal ini penting dilakukan karena sebagian besar karhutla disebabkan oleh manusia. 

"Sebagian besar dampak kebakaran hutan dan lahan ini karena manusia. Dan akan sangat sulit dipadamkan ketika sudah menjalar" pungkas Jazuli.

Saat ini Tim gabungan yang turut serta terdiri dari TNI/Polri,  BPBD, Manggala Agni, Brigade Karhutla Dinas Kehutanan,  dan EBR (Emergency Banjar Respon). Pemadam swasta milik masyarakat terdekat terus berupaya keras melakukan pemadaman titik api di beberapa wilayah.(CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata